GERAKAN MASYARAKAT HIDUP SEHAT

ngadiroyo.sideka.id – Kamis (12-04-2018), Pemerintah Desa Ngadiroyo kembali mengadakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) untuk kedua kalinya.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

GERMAS dapat dilakukan dengan cara: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban.

Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin.

Gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) kali ini diadakan di depan Balai Desa Ngadiroyo, dimulai pukul 07.00 WIB dengan diadakan kegiatan senam bersama.

Kegiaran ini diikuti oleh Kepala Desa dan Perangkat Desa beserta pengurus dan anggota dari lembaga masyarakat desa seperti LPM, BPD, dan TP PKK Desa Ngadiroyo serta kader kesehatan desa.

Adapun kegiatan ini dihadiri oleh bidan Puskesmas II Nguntoronadi yang sekaligus sebagai instuktur senam.

Melalui gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) ini, pemerintah desa berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan guna mewujudkan Indonesia sehat.

 

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan