Pembentukan Pengurus Warga Peduli AIDS (WPA) Desa Ngadiroyo


Ngadiroyo, Wonogiri – Berdasarkan instruksi dari Bupati Wonogiri Joko Sutopo bahwa seluruh desa di Kabupaten Wonogiri harus segera membentuk pengurus Warga Peduli AIDS (WPA) sebelum hari raya Idul Fitri tahun ini.

Hal ini dikarenakan Kabupaten Wonogiri darurat kasus HIV/AIDS, yang setiap tahun jumlahnya meningkat. Hingga per maret 2018, data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri tercatat sebanyak 418 kasus HIV/AIDS.

Dalam rapat yang diadakan Kamis (7/6/2018), Kepala Desa Ngadiroyo Mulyono mengundang lembaga-lembaga yang ada di desa seperti BPD, LPM, RT, RW, Tokoh Masyarakat, Kader Kesehatan Desa, Karang Taruna serta TP PKK Desa Ngadiroyo guna membahas mengenai pembentukan pengurus Warga Peduli AIDS (WPA) Desa Ngadiroyo.

Dalam acara tersebut, dihadiri oleh Pengelola P2 UPTD Puskesmas Nguntoronadi II Eni Andri Astuti, Amd. Keb. yang sekaligus sebagai concelor dari HIV/AIDS sebagai pengisi acara.

Pengelola P2 UPTD Puskesmas Nguntoronadi II Eni Andri Astuti, Amd. Keb. dalam presentasinya menyampaikan informasi dasar mengenai HIV/AIDS. Informasi dasar tersebut mulai dari pengertian HIV/AIDS, media hidup HIV, cara penularan, perkembangan dari HIV menjadi AIDS, bagaimana cara pencegahan penularan HIV/AIDS, cara mengetahui seseorang sudah terinfeksi hingga jenis-jenis layanan HIV.

Pada umumnya masyarakat Desa belum begitu mengetahui mengenai penyakit ini, sehingga dengan materi yang diberikan dari petugas dapat bermanfaat untuk tersosialisasinya informasi HIV AIDS yang benar kepada masyarakat umum serta diperolehnya informasi langsung dari masyarakat terkait penanggulangan HIV AIDS baik berupa peluang penanggulangan maupun kendala dan masalah yang terjadi di masyarakat terkait dengan program HIV AIDS

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan