PERTEMUAN KPM PKH DESA NGADIROYO

NGADIROYO, WONOGIRI – Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) Evi Mailani, S.Pd.SD mengadakan pertemuan dengan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Ngadiroyo di Balai Desa Ngadiroyo, Rabu pagi (4/07/2018).

Biasanya pertemuan setiap bulan diadakan dari rumah ke rumah, dikarenakan masih moment Idul Fitri 1439 H/2018 M sehingga dilaksanakan di Balai Desa Ngadiroyo sekaligus diadakan acara halal bihalal.

Di Desa Ngadiroyo Kecamatan Nguntoronadi terdapat sebanyak 109 KPM yang menerima bantuan non tunai PKH yang berasal dari 8 Dusun yang ada di Desa Ngadiroyo. Bantuan non tunai PKH adalah terobosan penyaluran bantuan yang efektif dari Kementerian Sosial RI.

Acara yang dibuka langsung oleh Evi Mailani selaku pendamping sosial PKH di Desa Ngadiroyo memberikan sosialisasi mengenai edukasi Bantuan Sosial PKH dengan sistem non flat. Hal ini sesuai intruksi direktur Jaminan Sosial Keluarga melalui surat No: 1221 /LJS.JSK.TU/06/2018,  tanggal: 6 Juni 2018 bahwa SDM PKH diharapkan melakukan edukasi Bantuan Sosial PKH dengan sistem non flat.

Sebelumnya Pelaksanaan Bantuan Sosial PKH non tunai di tahun 2017 sampai penyaluran tahap 2 tahun 2018 menggunakan sistem bantuan flat. Yaitu setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima bantuan yang sama. Setelah dikaji, bantuan sosial PKH akan dirubah menjadi non flat.

Yang dimaksud non flat adalah tiap KPM berhak mendapatkan bantuan sesuai dengan komponen yang ada di dalam keluarga tersebut. Jadi bantuan tiap keluarga berbeda-beda. Selain menerima hak sebagai peserta PKH, KPM juga memiliki kewajiban yang selalu dikontrol oleh Pendamping dalam kegiatan Verifikasi Komitmen.

Setelah acara sosialisasi bantuan sosial non flat pada pertemuan ini, Evi Mailani berharap dapat memberikan pembinaan dan sosialisasi perubahan sistem bantuan yang awalnya flat menjadi non flat sesuai komponen yang dimiliki dalam keluarga sehingga KPM mudah mengerti dengan sistem non flat karena pada dasarnya ini kembali kepada sistem lama yaitu ketika awal PKH masuk di Kabupaten Wonogiri  Tahun 2011.

Sebagai penutup, acara dilanjutkan dengan pembagian doorprice kepada peserta yang hadir dan ditutup dengan acara halal bihalal.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan