PAUD KB PELITA DESA NGADIROYO

ngadiroyo.sideka.id – Hari ini Senin (16/07/2018) merupakan hari pertama masuk sekolah setelah libur Idul Fitri dan kelulusan/kenaikan kelas, begitu juga bagi anak didik baru Pendidikan Anak Usia Dini Kelompok Bermain (PAUD KB) PELITA yang ada di Desa Ngadiroyo Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

PAUD KB PELITA Desa Ngadiroyo sudah ada sejak 8 tahun lalu atau tepatnya pada 26 Juni 2010, mempunyai 3 tenaga pendidik yaitu Sri Utami, Rusmiati, dan Sumarmi.

Tendik PAUD KB PELITA Desa Ngadiroyo, (dari kanan) Rusmiati, Sri Utami, dan Sumarmi

Untuk tahun ajaran 2018/2019, PAUD KB PELITA Desa Ngadiroyo yang tahun ini telah meluluskan sebanyak 21 anak tercatat sebanyak 16 anak didik baru yaitu 6 perempuan dan 10 laki-laki.

Rentangan anak usia dini menurut Pasal 28 UU Sisdiknas No.20/2003 ayat 1 adalah 0-6 tahun. Sementara menurut kajian rumpun keilmuan PAUD dan penyelenggaraannya di beberapa negara, PAUD dilaksanakan sejak usia 0-8 tahun (masa emas).

Ruang lingkup Pendidikan Anak Usia Dini, di antaranya: bayi (0-1 tahun), balita (2-3 tahun), kelompok bermain (3-6 tahun), dan sekolah dasar kelas awal (6-8 tahun).

Untuk PAUD KB PELITA Desa Ngadiroyo menerima anak didik dari usia 1-5 tahun

Anak didik baru PAUD PELITA Desa Ngadiroyo

Untuk jadwal masuk di PAUD KB PELITA Desa Ngadiroyo yang terletak tepat di belakang Balai Desa Ngadiroyo yaitu hari Senin-Jumat dimulai pukul 07.30 – 10.00 WIB.

PAUD KB PELITA Desa Ngadiroyo merupakan sekolah inkkusi. Meskipun tidak ada pendidik yang membidangi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) / Difabel, tetapi setiap tahun mempunyai murid ABK dengan mendapatkan perlakuan yang sama dengan murid normal tanpa didiskriminasi.

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan