Yukkk Ke PKD, Lebih DEKAT Lebih SEHAT

ngadiroyo.sideka.id – Pemerintah Desa berkewajiban meningkatkan derajat kesehatan atas masyarakat di desanya. Sehingga dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di desanya, maka Pemerintah Desa perlu menyediakan fasilitas tempat dan Tenaga Kesehatan untuk sarana pelayanan kesehatan bagi masyarakat desa. Begitu juga dengan Pemerintah Desa Ngadiroyo.

Di Desa Ngadiroyo Kecamatan Nguntoronadi terdapat Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) yang didirikan di atas tanah kas Desa yang lokasinya tepat di belakang pasar desa Dusun Rejosari RT. 002/RW. 003.

Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) Ngadiroyo

Sebelum menjadi PKD (Poliklinik Kesehatan Desa) seperti sekarang ini, dulu masyarakat mengenalnya dengan istilah Polindes. PKD adalah suatu upaya kesehatan yang bersumberdaya masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh, dan untuk masyarakat setempat atas dasar musyawarah desa/kelurahan dan didukung oleh tenaga kesehatan yang professional. Bentuk UKBM artinya PKD dibentuk oleh dan untuk masyarakat yang mempunyai peran serta yang tinggi.

Secara umum PKD bertujuan untuk mewujudnya masyarakat sehat yang siaga terhadap masalah kesehatan di wilayah Desanya.

Adapun jenis-jenis pelayanan kesehatan yang diberikan di PKD yaitu memberikan pelayanan kesehatan dasar termasuk kefarmasian sederhana, memberikan penyuluhan dan konseling, menolong persalinan, penanganan kegawatdaruratan, penanganan penyakit, merujuk, dan pembinaan kader.

Dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Desa Ngadiroyo, Bidan Desa Ngadiroyo Tatik, Amd.Keb sebagai tenaga kesehatan di PKD Ngadiroyo.

Sedangkan jadwal pelayanan untuk warga Desa Ngadiroyo yang ingin berkunjung ke PKD Desa Ngadiroyo yaitu hari Senin-Kamis mulai pukul 08.00 – 11.30 WIB dan hari Jumat mulai pukul 08.00 – 11.00 WIB.

Jadwal Pelayanan PKD Ngadiroyo

Keberadaan PKD Ngadiroyo yang dekat sehingga mudah dijangkau sangat bermanfaat bagi warga masyarakat Desa Ngadiroyo mengingat pentingnya menjaga kesehatan.

 

 

 

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan