Dengan GERMAS, Masyarakat Sehat Pembangunannya Meningkat

ngadiroyo.sideka.id – Dalam rangka Lounching GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) kepada warga masyarakat Desa Ngadiroyo, Pemerintah Desa mengadakan GERMAS AKBAR dengan senam bersama di Lapangan Desa Ngadiroyo, Jumat pagi (10/08/2018).

Biasanya GERMAS dilaksanakan pada hari Jumat minggu kedua di Balai Desa ngadiroyo yang diikuti oleh Kepala Desa, Perangkat Desa, Petugas Puskesmas Nguntoronadi II serta Kader Kesehatan Desa. Namun kali ini berbeda dengan sebelumnya yang dilaksanakan di Lapangan Desa yang terletak di Dusun Tritis.

Dengan diadakannya Lounching GERMAS ini diharapkan masyarakat khususnya warga Desa Ngadiroyo mengetahui pentingnya menjaga kesehatan melalui kegiatan GERMAS.

Karena saat ini, Indonesia tengah menghadapi tantangan serius berupa beban ganda penyakit. Perubahan gaya hidup masyarakat ditengarai menjadi salah satu penyebab terjadinya pergeseran pola penyakit (transisi epidemiologi) dalam 30 tahun terakhir. Pada era 1990-an, penyebab kematian dan kesakitan terbesar adalah penyakit menular seperti Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA), Tuberkulosis (TBC), dan Diare. Namun sejak 2010, penyakit tidak menular (PTM) seperti Stroke, Jantung, dan Kencing manis memiliki proposi lebih besar di pelayanan kesehatan. Karena itu, GERMAS menjadi momentum bagi masyarakat guna membudayakan pola hidup sehat.

GERMAS meliputi kegiatan: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit.

GERMAS AKBAR yang dimulai pukul 07.00 WIB turut mengundang seluruh warga masyarakat Desa Ngadiroyo, Seluruh Guru dan Siswa dari Sekolah Dasar Negeri Ngadiroyo dan TK Ngadiroyo. Semua yang hadir sangat antusias mengikuti gerakan senam.

Warga beserta Siswa dari SD Negeri Ngadiroyo dan TK Ngadiroyo mengikuti GERMAS AKBAR dengan senam bersama.

GERMAS AKBAR dengan melakukan senam bersama yang dipandu Instruktur Senam dari Wonogiri tersebut juga dihadiri oleh Camat Nguntoronadi Sriyono, S.Sos, MM beserta Ibu Sri Rina Maharani, S.Pd..

Camat Nguntoronadi Sriyono, S.Sos, MM. dan Ibu Sri Rina Maharani, S.Pd. mengikuti GERMAS AKBAR di Lapangan Desa Ngadiroyo

Setelah senam bersama, acara dilanjutkan dengan makan buah bersama dan undian doorprice yang telah panitia siapkan.

Dengan diadakannya acara ini Pemerintah Desa Ngadiroyo berharap kepada seluruh warga masyarakat Desa Ngadiroyo setelah mengetahui apa itu GERMAS, dapat membudayakan hidup sehat dengan melakukan langkah kecil melalui perubahan pola hidup ke arah yang lebih sehat, serta dapat segera menerapkannya mulai dari diri sendiri dan mulai saat ini. Sehingga dengan GERMAS, Masyarakat Sehat Pembangunannya Meningkat.

Salam GERMAS Sehat, Bugar, Produktif, Stunting Itu Penting. Yes Yes Yes

 

Sumber http://www.depkes.go.id/article/view/16111600003/pemerintah-canangkan-gerakan-masyarakat-hidup-sehat-germas-.html

 

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan