“GEBYAR PITOELASAN” Lomba Gejok Lesung dan Nrethek Kenthongan

NGADIROYO-NGUNTORONADI – Sabtu 11/08/2018, Peserta Gejok Lesung dan Nrethek Kenthongan (Kolaborasi) dari Desa Ngadiroyo Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri mengikuti lomba dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) yang ke 73 Tahun di Area Pameran Gelar Potensi (Lapangan  Sepak Bola Kecamatan Nguntoronadi).

Untuk tahun 2018, lomba gejok lesung dan nrethek kenthongan berbeda dari tahun sebelumnya. Untuk tahun ini gejok lesung dimainkan oleh laki-laki sedangkan nrethek kentongan dimainkan oleh perempuan. Tentu hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi warga Desa Ngadiroyo.

Lomba Gejok Lesung dan Nrethek Kenthongan (Kolaborasi) yang merupakan salah satu agenda kegiatan pembudayaan dan pelestarian nilai-nilai Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2018 dari seksi kesenian selain lomba Stand Up komedi (Guyon Maton Pitulasan) berjumlah maksimal 20 peserta.

Jumlah peserta 20 orang terdiri dari Putra dan Putri yang dibagi menjadi Pemain Lesung 6 (enam) orang putra, Pemain Kenthongan 6 (enam) orang putri, dan sisanya 8 (delapan) orang  penabuh alat tambahan dan vokal. Dan Peserta tidak dibatasi usia (bebas), tua, muda dan remaja, agar semua ikut berpartisipasi aktif.

Ketentuan umum lainnya adalah Peserta wajib membawakan satu lagu wajib yang telah ditentukan Panitia yaitu Perahu Layar ( lirik telah ditentukan) dan satu lagu pilihan yang Peserta bebas memilih salah satu di antara lima lagu yang ditentukan panitia. Dan untuk lagu pilihan, Tim Gejok Lesung dan Nrethek Kenthongan Desa Ngadiroyo memilih lagu Ilir-Ilir untuk dinyanyikan.

Sebelum hari pelaksanaan lomba di Area Pameran Gelar Potensi (Lapangan Sepak Bola Kecamatan Nguntoronadi), warga Desa Ngadiroyo yang telah terpilih untuk memainkan lesung dan kethongan berlatih setiap malam untuk persiapan lomba di Rumah Bp. Sularno di Dusun Sengon RT.02/RW.07.

Latihan Gejok Lesung dan Nrethek Kenthongan di Rumah Bp. Sularno

Lomba Gejok Lesung dan Nrethek Kenthongan tingkat Desa/Kelurahan se Kecamatan Nguntoronadi yang diikuti oleh 11 Desa/Kelurahan diselenggarakan di Area Pameran Gelar Potensi (Lapangan Sepak Bola Kecamatan Nguntoronadi), dimulai pukul 20.00 WIB.

Meskipun telah memberikan penampilan yang terbaik di depan Camat Nguntoronadi, Dewan Juri dan penonton yang memenuhi lapangan, Peserta Gejok Lesung dan Nrethek Kenthongan dari Desa Ngadiroyo yang menampilkan aksinya pada urutan ke 5 belum bisa meraih juara.

Penampilan Peserta Gejok Lesung dan Nrethek Kenthongan Desa Ngadiroyo

Dan akhirnya Juara 1 lomba Gejok Lesung dan Nrethek Kenthongan tingkat Desa/Kelurahan se Kecamatan Nguntoronadi diraih oleh Desa Gebang, juara 2 Desa Bulurejo, dan juara 3 Kelurahan Kedungrejo.

 

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan