Desa Ngadiroyo, 1 Dari 75 Desa Pilot Project Pengembangan SID Di Kabupaten Wonogiri

NGADIROYO,WONOGIRI – Sistem Informasi Desa (SID) adalah bagian tak terpisahkan dalam implementasi Undang-Undang Desa. Dalam Bagian Ketiga UU Desa Pasal 86 tentang Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan jelas disebutkan bahwa desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten atau Kota. Oleh sebab itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Wonogiri berkewajiban memfasilitasi proses pengembangan aplikasi kepada seluruh Desa, dengan mengadakan pelatihan bagi Perangkat Desa/Operator SID.

Dalam upaya pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) tersebut, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Pelatihan Pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) bagi Sekretaris Desa, Operator SID dan Pendamping Desa untuk Kegiatan Pelatihan Tingkat Lanjutan Pengembangan Sistem Informasi Desa. Pelatihan diadakan dalam 4 (empat) angkatan dengan jumlah peserta 208 orang (1 orang Sekretaris Desa dan 1 orang Operator SID) dan 58 orang Pendamping Desa di Kabupaten Wonogiri. Pelatihan dilaksanakan selama 2 (dua) hari dan bertempat di Gedung Ruang Pertemuan Gajah Mungkur SETDA Kabupaten Wonogiri.

Ari Setiawan (kanan) dari Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri sebagai fasilitator di pelatihan pengembangan SID

Desa Ngadiroyo merupakan 1 dari 75 Desa pilot project dari 251 Desa yang ada di Kabupaten Wonogiri yang mengikuti pelatihan pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) pada Angkatan ke IV yaitu pada hari Rabu-Kamis (15-16 Agustus 2018). Untuk itu Desa Ngadiroyo mengikutsertakan Sekretaris Desa Haryoso dan Operator SID Ari Mastuti dalam pelatihan tersebut.

Semedi Budi Wibowo, SH. Kepala Dinas PMD Kabupaten Wonogiri yang membuka pelatihan pengembangan SID menyampaikan bahwa “Dinas PMD Kabupaten Wonogiri selalu terbuka jika Desa mengalami kendala dalam menerapkan Sistem Informasi Desa. Dalam Sistem Informasi Desa ini turut didukung oleh Kominfo, Dedukcapil dan Dinas Sosial”.

Pelatihan Pengembangan Sistem Informasi Desa selain di fasilitator dari Dinas PMD, BAPPEDA, Dinas Kominfo, Desdukcapil dan Dinsos, Teknik Pengolahan Data Pada Sistem Informasi Desa Kabupaten Wonogiri di fasilitator oleh Relawan Teknologi, Informasi dan komunikasi Provinsi Jawa Tengah.

Dengan Pelatihan Pengembangan Sistem Informasi Desa diharapkan ke depannya Desa menjadi mandiri, sehingga data desa yang diberikan valid dan up to date untuk perencanaan pembangunan.

 

 

 

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan