BINTEK PBDT TAHUN 2018

ngadiroyo.sideka.id – Menindaklanjuti Surat Bupati Wonogiri Nomor : 460/5320 tanggal 5 September 2018 perihal Bimbingan Teknis Pemutakhiran Basis Data Terpadu Tahun 2018 (Bintek PBDT), maka Pemerintah Kabupaten Wonogiri melaksanakan Verifikasi dan Validasi Basis Data Terpadu Penanganan Fakir Miskin dan Orang tidak Mampu Tahun 2018. Bimbingan Teknis Pemutakhiran Basis Data Terpadu Tahun 2018 dilaksanakan di Graha Perencana 1 Bappeda dan Litbang Kabupaten Wonogiri hari Senin – Kamis, 10 – 13 September 2018.

Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) Tahun 2018 dilaksanakan di Kabupaten Wonogiri, yang meliputi 25 kecamatan dan 294 desa/kelurahan.

Desa dan Kelurahan se Kecamatan Nguntoronadi merupakan salah satu Kecamatan yang mengikuti Bintek Verifikasi dan Validasi BDT Tahun 2018 di hari terakhir (Kamis 13/09). Bintek Verifikasi dan Validasi BDT Tahun 2018 di buka oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri Drs. Suwartono, M.Pd. Beliau memaparkan Pemutakhiran Data adalah sebuah upaya untuk dapat menampilkan data yang mutakhir / terkini berdasarkan kurun waktu tertentu.

Pembekalan Petugas Data untuk pengisian lembar verval dan input data ke SIKS Offline

Pemutakhiran BDT yang dimaksud mencakup memperbarui identitas tempat tinggal sesuai perkembangan wilayah terkini, mengumpulkan karakteristik sosial ekonomi yang mungkin sudah mengalami perubahan, serta mengumpulkan karakteristik yang baru dan belum ada sebelumnya.

Dalam Bimbingan Teknis PBDT ini, Kepala Desa/Lurah menugaskan 1 (satu) orang Petugas Operator Data yang menguasai Komputer. Pembekalan petugas pendata dilakukan untuk pelaksanaan kegiatan dan tata cara pengisian instrument verifikasi dan validasi (verval) serta menginput data ke SIKS offline.

Dengan pemutakhiran data tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi keberadaan personal/keluarga/rumah tangga yang tercatat dalam Data Terpadu; melengkapi/menyempurnakan variabel yang diperlukan untuk membuka rekening kolektif/KKS yaitu variabel; nama penerima bansos (istri), alamat lengkap, NIK; serta mendata apakah masih ada fakir miskin selain yang ada dalam Data Terpadu.

melengkapi/menyempurnakan variabel yang diperlukan untuk membuka rekening kolektif/KKS yaitu variabel; nama penerima bansos (istri), alamat lengkap, NIK;

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan