MUSRENBANGDES Dalam Rangka Penyusunan RKP Desa Tahun 2019

Ngadiroyo.sideka.id – Senin (17/09/2018), Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Pemerintah Desa Ngadiroyo menyelenggarakan “Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) Tahun 2019” bertempat di Balai Desa Ngadiroyo.

Musrenbangdes adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) Desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan dengan berpedoman kepada RPJM Desa.

RPJM Desa adalah Rencana Kegiatan Pembangunan Desa untuk jangka waktu 6 (enam) tahun. Pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan Desa dilakukan secara partisipatif, demokratis, transparan dan akuntabel.

Dalam Musrenbangdes dalam rangka penyusunan RKP Desa yang pelaksanaannya dimulai pukul 09.30 WIB, dihadiri oleh Camat Nguntoronadi beserta tim dari Kecamatan dan tamu undangan yang terdiri dari LPM, TP PKK, RT, RW, Karang Taruna serta Tokoh Masyarakat.

Peserta Musrenbangdes dalam rangka Penyusunan RKP Desa.

Setelah pra acara yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa, acara dilanjutkan dengan sambutan dan pemaparan Kepala Desa Ngadiroyo Mulyono mengenai Hasil evaluasi RKP Desa yang sudah berjalan dan Kerangka prioritas rancangan RKP Desa;

Dalam pemaparan mengenai hasil evaluasi RKP Desa yang sudah berjalan, Kepala Desa Ngadiroyo melaporkan mengenai kegiatan – kegiatan yang ada di APBDes baik dari bidang pemerintahan, bidang pembangunan, bidang pemberdayaan dan bidang pembinaan yang sudah terealisasi maupun yang belum terealisasi. Dalam kesempatan ini, Kepala Desa Ngadiroyo juga menyampaikan adanya perubahan APBDes tahun 2018 dalam bidang pembangunan.

Camat Nguntoronadi yang menghadiri Musrenbangdes dalam penyusunan RKP Desa tahun 2019 di Desa Ngadiroyo dalam sambutannya sekaligus menanggapi pemaparan yang telah disampaikan oleh Kepala Desa Ngadiroyo “Mengharap Pemerintah Desa Ngadiroyo segera merealisasi kegiatan-kegiatan yang ada didalam APBDes mengingat saat ini sudah memasuki bulan September. Dalam penyusunan RKP Desa tahun 2019 diharapkan ada partisipasi dari semua elemen dan unsur masyarakat baik dari wakil-wakil kelompok, Dusun, lembaga Desa, tokoh masyarakat serta unsur lain yang terkait di Desa”.

Manodo Ari Subandrio (kiri) dan Haryoso (Tengah) sebagai Tim Pemandu Musrenbang Desa

Musrenbangdes dalam penyusunan RKP Desa tahun 2019 ini, dilakukan dengan diskusi penentuan prioritas usulan yang dipandu oleh Sekretaris Desa Haryoso dan Kaur Perencanaan Manodo Ari Subandrio. Dalam diskusi ini, masing-masing dusun diminta untuk merekap usulan yang diprioritaskan untuk dimasukkan dalam RKP Desa sesuai dengan apa yang tercatat dalam RPJMDes. Penetapan Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan 2019 menjadi dasar RKP Desa Tahun 2019 yang merupakan rekapitulasi hasil usulan masyarakat dalam Pelaksanaan Musyawarah Dusun yang telah dilakukan sebelumnya.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan