MUSDES VERVAL BDT 2018

ngadiroyo.sideka.id – Dalam upaya pemutakhiran Basis Data Terpadu (BDT) tahun 2018, Pemerintah Desa Ngadiroyo melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) untuk Verifikasi dan Validasi Basis Data Terpadu (BDT) di Balai Desa Ngadiroyo, Selasa (25/09) pagi.

Dalam Musdes guna memperlancar pemutakhiran BDT tersebut, Pemerintah Desa Ngadiroyo turut mengundang BPD, LPM, RT, RW, TP PKK dan Tomas untuk mendiskusikan data prelist dari Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri.

Data prelist dari Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri untuk Desa Ngadiroyo sejumlah 288 Rumah Tangga (Ruta) / 1.059 Anggota Rumah Tangga (ART), sehingga Musdes dilakukan untuk mengidentifikasi keberadaan personal/keluarga/rumah tangga yang tercatat dalam data prelist serta mendata apakah masih ada fakir miskin selain yang ada di dalam data prelist.

Dalam Musdes yang dihadiri oleh Tuty Indriyani, SE. selaku pendamping sosial PKH (Program Keluarga Harapan) Desa Ngadiroyo yang bertugas sebagai pemeriksa verifikasi dan validasi data BDT menyampaikan mekanisme terkait verifikasi dan validasi Basis Data Terpadu tahun 2018.

Peserta Musdes Verifikasi dan Validasi Basis Data Terpadu Tahun 2018.

Tuty Indriyani, SE. menyampaikan bahwa “Untuk mengidentifikasi keberadaan personal/keluarga/rumah tangga yang tercatat dalam Data Terpadu terdapat 3 ketentuan/syarat yaitu sudah meninggal dunia (tidak ada anggota keluarga yang lain), pindah tempat dan tidak ditemukan keberadaannya maka dapat dihapus dari data prelist dari Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri. Sementara data prelist yang dikeluarkan dengan ketentuan diatas dapat diganti dengan usulan baru bagi fakir miskin yang belum masuk di dalam data prelist dari Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri”.

Dalam Musdes, data sementara diperoleh sebanyak 2 Ruta yang tidak ditemukan dikarenakan meninggal dunia dan tidak ada anggota keluarga yang lain dan 2 Ruta yang tidak ditemukan dikarenakan merantau. Sehingga data usulan baru untuk Desa Ngadiroyo sebanyak data dari prelist yang tidak ditemukan.

Desa Ngadiroyo tidak dapat mengusulkan data baru jika tidak ada yang dikeluarkan dikarenakan tidak ditemukan sebab kuota / jumlah sudah melebihi proporsi. Proporsi BDT ditentukan 40% dari jumlah penduduk, sementara jumlah penduduk Desa Ngadiroyo sebanyak 1.954 sehingga proporsi BDT hanya sejumlah 782.

Selanjutnya data prelist dari Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri dan data usulan baru akan di Visit Home untuk mengisi lembar instrumen verifikasi dan validasi kepada warga (Responden) oleh petugas pendata. Untuk Desa Ngadiroyo petugas pendata dilakukan oleh Kepala Dusun (Kadus) yaitu Dusun Srayu dan Dusun Ngelo oleh Bp. Sigit Purwanto, Dusun Rejosari dan Dusun Tritis oleh Bp. Budi Setyanto, Dusun Ngadiroyo dan Dusun Pojok oleh Bp. MS. Teguh serta Dusun Ngadiroyo dan Dusun Pencol oleh Bp. Pramono.

Sebagai penutup, Kepala Desa Ngadiroyo menyampaikan harapan “Setelah pendataan dengan Visit Home, Ruta yang sudah masuk dalam kategori mampu nantinya akan dikeluarkan oleh Sistem dan Ruta yang masuk dalam kategori belum mampu dapat dimasukkan ke dalam data BDT selanjutnya.”

 

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan