“PELATIHAN SUB PPKBD DUSUN” DESA NGADIROYO

ngadiroyo.sideka.id – Pemerintah Desa Ngadiroyo Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri, melalui PTPKD Bidang Pembinaan memberikan Pelatihan bagi Peran Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD). Pelatihan diberikan kepada 9 Kader PPKBD dan Sub PPKBD yang dilaksanakan di Balai Desa Ngadiroyo, pada hari Jumat (26/10).

Diketahui, PPKBD adalah seseorang atau beberapa orang kader dalam wadah organisasi yang secara sukarela berperan aktif melaksanakan, mengelola program KB di tingkat Desa/Kelurahan. Sementara Sub PPKBD merupakan seseorang atau beberapa kader dalam wadah organisasi dengan peran yang sama namun pada tingkat Rukun Tetangga (RT)/ Rukun Warga (RW).

Kepala Desa Ngadiroyo, Mulyono mengatakan ini merupakan salah satu kegiatan yang ada di APBDes Tahun 2018 dari Bidang Pembinaan dan merupakan kali pertama dilaksanakan.

“Pelatihan Sub PPKBD merupakan kegiatan yang ada di APBDes Tahun 2018 dari Bidang Pembinaan yang anggarannya bersumber dari SILPA ADD. Kegiatan Pelatihan ini merupakan usulan dalam RKP Tahun 2017 yang dianggarkan di APBDes Tahun 2018. Dengan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan bagi kader PPKBD dan Sub PPKBD dalam menjalankan tugas dan fungsinya,” ujarnya.

“Dan Pelatihan Sub PPKBD ini merupakan pelatihan yang diadakan untuk pertama kalinya di Desa Ngadiroyo,” imbuhnya.

Dalam menyelenggarakan Pelatihan Sub PPKBD ini, Pemerintah Desa Ngadiroyo melalui PTPKD Bidang Pembinaan menghadirkan Dra. Siti Maemunah dari PLKB Kecamatan Nguntoronadi sebagai Narasumber.

Dra. Siti Maemunah (tengah) dari PLKB Kecamatan Nguntoronadi sebagai Narasumber pada Pelatihan Sub PPKBD Dusun Desa Ngadiroyo.

Dalam pelatihan tersebut, Dra. Siti Maemunah menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan Pengelolaan BKB (Bina Keluarga Balita), BKR (Bina Keluarga Remaja), BKL (Bina Keluarga Lansia) dan UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera).

“Kader PPKBD merupakan perpanjangtanganan dari Penyuluh Keluarga Berencana (KB), sebab dengan terbatasnya Penyuluh KB, maka kader PPKBD terjun langsung ke masyarakat. Adapun kegiatan-kegiatan Program KB yang dilakukan seperti melakukan kegiatan Posyandu, Bina Keluarga (BKB, BKR, dan BKL), dan UPPKS dalam mewujudkan keluarga sejahtera bersama dengan kelompok lainnya,”tegasnya.

Selain menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan Pengelolaan Bina Keluarga dan UPPKS, Narasumber juga menjelaskan mengenai pengisian Form R1 PUS (Pasangan Usia Subur) yang ditanyakan oleh Kader Sub PPKBD karena masih menemui kesulitan dalam pengisiannya.

Form R1 PUS (Pasangan Usia Subur) adalah data yang harus diisi setiap bulan oleh Kader Sub PPKBD. Data tersebut antara lain berisi nama Suami dan Istri PUS beserta alat kontrasepsi yang digunakan.

Rusmiati, salah satu peserta pelatihan Sub PPKBD dari Dusun Ngadiroyo mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas Kader. Rusmiati juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Ngadiroyo yang telah memberikan perhatian kepada Sub PPKBD Dusun dengan diadakannya pelatihan ini.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan