KADER KESEHATAN POSBINDU “SUMBER WARAS” Ikuti SOSIALISASI DAN PELATIHAN POSBINDU PTM

NGADIROYO.WONOGIRI – Selasa (30/10), UPTD Puskesmas Nguntoronadi II mengadakan pertemuan Sosialisasi dan Pelatihan Kader Posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM) yang bertempat di AULA Pertemuan UPTD Puskesmas Nguntoronadi II.

Pertemuan tersebut berdasarkan Surat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri NO : 443/2266 tanggal 8 Oktober 2018 perihal Pembentukan Posbindu PTM Puskesmas untuk melaksanakan dan memfasilitasi kegiatan pengembangan Posbindu PTM baru dari pertemuan, sosialisasi dan OJT Kader Posbindu PTM.

Dalam Sosialisasi dan Pelatihan tersebut, pihak UPTD Puskesmas Nguntoronadi II mengundang Kepala Desa Ngadiroyo, Kasi Kesra, Ketua TP PKK, Ketua Forkom Desa Sehat, Tokoh Masyarakat, Kader Kesehatan Posbindu “SUMBER WARAS” Dusun Pojok serta Ketua Karang Taruna Desa Ngadiroyo.

Sosialisasi dan Pelatihan Posbindu PTM yang dibuka langsung oleh Kepala UPTD Puskesmas Nguntoronadi II Dr. Mursid, menyampaikan bahwa PTM merupakan penyakit yang bukan disebabkan karena bakteri, kuman, ataupun virus. Namun PTM disebabkan oleh gaya hidup, pola makan, keturunan, dll.”

Kepala UPTD Puskesmas Nguntoronadi II Dr. Mursid dan Bidan Puskesmas Nguntoronadi II Sukatmi dalam memberi sambutan pada Sosialisasi dan Pelatihan Posbindu PTM.

Tahun 1990, penyakit menular (ISPA, TB, Diare, dll) menjadi penyebab kematian dan kesakitan terbesar. Akan tetapi sejak tahun 2010, PTM menjadi penyebab terbesar kematian dan kecatatan (stroke, kecelakaan, jantung, kanker, diabetes). Dan tren penyebab kematian saat ini didominasi oleh PTM. Penyebab kematian utama tahun 2014 adalah stroke, penyakit jantung dan DM.”

Beliau menambahkan bahwa “Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) PMT bertujuan untuk penanganan PTM dan monitoring faktor resiko. Posbindu adalah milik masyarakat Desa sedangkan Puskesmas hanya memfasilitasi. Harapan Kedepan, Posbindu semakin dimanfaatkan oleh masyarakat dan semakin dikembangkan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.”

Diketahui, Posbindu “SUMBER WARAS” merupakan Posbindu kedua yang dibentuk setelah awal mula pendirian Posbindu Di Dusun Dologan Desa Pondoksari.

Launching Posbindu “SUMBER WARAS” Dusun Pojok yang dibentuk pada bulan Maret tahun ini, khusus untuk warga Dusun Pojok. Dan kegiatan Posbindu ini bertempat di rumah Kepala Dusun (Kadus) Pojok.

Peserta Sosialisasi dan Pelatihan Posbindu PMT UPTD Puskesmas Nguntoronadi II Kabupaten Wonogiri.

Posbindu “SUMBER WARAS” yang beranggotakan lansia Dusun Pojok berjumlah 65, dan ada sekitar 45 anggota yang aktif mengikuti kegiatan yang rutin dilakukan setiap bulan pada tanggal 15.

Adapun kegiatan Posbindu “SUMBER WARAS” yaitu pengecekan gula darah, asam urat dan kolestrol yang dilakukan oleh Bidan Puskesmas secara Gratis. Selain itu juga ada kegiatan penimbangan berat badan dan senam lansia.

Sukatmi, Bidan dari UPTD Puskesmas Nguntoronadi II yang juga sebagai pengisi dalam acara Sosialisasi dan Pelatihan tersebut mengatakan bahwa “Posbindu “SUMBER WARAS” Dusun Pojok yang sudah dibentuk beberapa bulan lalu dinilai sudah berjalan dengan baik dan aktif dalam melakukan kegiatan.”

“Dengan berdirinya Posbindu PMT ini diharapkan masyarakat dapat sehat secara alami,” imbuhnya.

Dalam pertemuan Sosialisasi dan Pelatihan tersebut, Kader Kesehatan Posbindu yang berjumlah 5 (lima) orang mendapatkan pelatihan dalam penggunaan alat kesehatan yang digunakan untuk kegiatan pengecekan kesehatan bagi anggota lansia Posbindu “SUMBER WARAS” Dusun Pojok.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan