BALITA DESA NGADIROYO SEMAKIN SEHAT DENGAN BANKEUPEMDES UNTUK PMT BALITA

ngadiroyo.sideka.id || Bantuan Keuangan Kepada Pemerintah Desa (Bankeupemdes) Untuk Peningkatan Ketahanan Masyarakat Desa Yang Bersumber Dari APBD Provinsi Jawa Tengah Tahun Anggaran 2018 sebesar Rp. 20.000.000,00 telah terealisasi pada akhir Oktober lalu.

Bankeupemdes untuk Peningkatan Ketahanan Masyarakat Desa sebesar Rp. 20.000.000,00 tersebut dialokasikan oleh Pemerintah Desa sesuai di APBDes Tahun 2018 berupa Penyediaan Makanan Tambahan (PMT) Posyandu Balita, yang dikerjakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan secara swakelola.

Dana Bankeupemdes yang telah dicairkan oleh Pemerintah Desa Ngadiroyo melalui Rekening Kas Desa  telah diserahkan kepada 5 Posyandu Balita yang ada di Desa Ngadiroyo pada 6 November lalu.

Penyerahan Dana Bankeupemdes Untuk Penyediaan PMT Balita Desa Ngadiroyo Tahun 2018.

Diketahui Posyandu Balita Di Desa Ngadiroyo berjumlah 5 yaitu, Posyandu “Banowati” di Dusun Ngelo RT. 01/RW. 01, Posyandu “Arjuna” di Dusun Rejosari RT. 01/RW. 03, Posyandu “Shinta” di Dusun Tritis RT. 02/RW. 04, Posyandu “Sadewa” di Dusun Ngadiroyo RT. 02/RW. 05, dan Posyandu “Srikandi” di Dusun Sengon RT. 01/RW. 07. Dan sampai saat ini tercatat sebanyak 90 balita dari keseluruhan Posyandu di Desa Ngadiroyo.

Penyerahan dana Bankeupemdes untuk Penyediaan Makanan Tambahan (PMT) Posyandu Balita oleh Kepala Desa Ngadiroyo Mulyono yang diterima oleh Sekretaris Desa Ngadiroyo Haryoso selaku yang mewakili dikarenakan Ketua TPK Sutrisno tidak dapat hadir. Penyerahan dana disaksikan secara langsung oleh pengurus masing-masing Posyandu yang bertempat di Balai Desa Ngadiroyo.

Ditemui saat pemberian PMT hari kedua di Posyandu “Shinta” yang bertempat di rumah Ibu Wantini di Dusun Tritis RT. 02/RW.07, Dies Istati selaku Ketua Posyandu menyampaikan bahwa “Pemberian makanan tambahan bagi balita sangat dinantikan oleh kami selaku kader kesehatan dan orang tua balita. sehingga pada hari ini pemberian PMT untuk kedua kalinya dari dana Bankeupemdes Tahun 2018 di respon sangat antusias oleh orang tua dan balita.”

Penyerahan PMT oleh Kader kepada Balita di Posyandu Shinta Dusun Tritis Desa Ngadiroyo.

Dikatakan oleh Dies Istati Posyandu balita “Shinta” yang terdapat sejumlah 16 balita, untuk penyediaan PMT balita selama ini dilakukan secara swadaya oleh orang tua balita dengan iuran setiap bulannya.

Sehingga terealisasinya Bankeupemdes untuk PMT Balita yang merupakan usulan pada Musrenbangdes tahun 2017 untuk RKP tahun 2018 ini dirasakan akan semakin bermanfaat bagi peningkatan gizi pada balita.

Pengurus Posyandu “Shinta” lainnya yaitu Trisniwati mengatakan bahwa “Kami Kader Kesehatan Posyandu sekaligus mewakili orang tua balita mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa yang telah mengalokasikan dana bantuan untuk PMT balita. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi kami untuk peningkatan gizi makanan balita sehingga kesehatan anak-anak balita di wilayah kami dapat meningkat”.

Menu PMT hari kedua yang diberikan oleh Posyandu “Shinta” kepada balita di Dusun Tritis Desa Ngadiroyo.

Dalam pemberian PMT untuk kedua kalinya dari dana Bankeupemdes tersebut, Kader Posyandu menyiapkan 6 menu yaitu Nasi kuning, Jus jambu, Bolu kukus, Sup bakso ayam, Jeruk dan Puding buah. Menu yang diberikan sesuai dari daftar menu yang telah diajukan dalam proposal sebelumnya.

Pemberian PMT balita ini ditargetkan selama 8 kali dan diberikan dalam 4 hari sekali mengingat dana PMT hanya berlangsung dalam waktu 1,5 bulan saja.

 

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan