Kegiatan TK Desa Ngadiroyo Tahun Ajaran 2018/2019 Semester Ganjil

ngadiroyo.sideka.id || Taman kanak-kanak (TK) adalah jenjang pendidikan anak usia dini (usia 6 tahun atau di bawahnya) dalam bentuk pendidikan formal. Kurikulum TK ditekankan pada pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Di Desa Ngadiroyo Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri mempunyai Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak di sebelah Barat Balai Desa Ngadiroyo. TK Desa Ngadiroyo yang berdiri di atas tanah kas Desa tersebut baru dibangun pada tahun 2010 lalu. Sebelumnya TK Desa Ngadiroyo berada tepat di belakang Balai Desa Ngadiroyo yang saat ini digunakan untuk Gedung PAUD KB Pelita.

Saat ini TK Desa Ngadiroyo mempunyai sebanyak 3 (tiga) tenaga pendidik (tendik) yaitu Listiani, S. Pd. AUD selaku Kepala TK, Sri Mulyanti, S. Pd. dan Chiorun Nisa Musdalifah, S. Pd.

Pada tahun ajaran 2018/2019 ini, TK Desa Ngadiroyo mempunyai sebanyak 13 anak didik yang terdiri dari 8 laki-laki dan 5 perempuan. Anak-anak tersebut mengikuti aktivitas belajar setiap hari Senin-Sabtu, mulai pukul setengah 8 hingga pukul 10 pagi.

Adapun beberapa kegiatan di TK Desa Ngadiroyo yang dilaksanakan di tahun ajaran ini, yaitu Akreditasi Sekolah, Partisipasi GEBYAR PAUD Kabupaten Wonogiri Tahun 2018, dan Outing Class.

Akreditasi Sekolah untuk TK Desa Ngadiroyo dihadiri oleh tim BAN PAUD dan PNF.

Untuk Akreditasi Sekolah, TK Desa Ngadiroyo mengajukan akreditasi secara online ke Badan Akreditasi Nasional dan Pendidikan Non Formal (BAN PAUD dan PNF) pada hari Rabu, 8 Agustus 2018. Kegiatan tersebut ditindak lanjuti dengan visitasi oleh tim BAN PAUD dan PNF pada hari Sabtu, 22 September 2018.

Setelah visitasi oleh tim BAN PAUD dan PNF, dilanjutkan dengan penetapan status Akreditasi Sekolah Satuan Pendidikan PAUD dan PNF pada hari Jumat, 5 Oktober 2018 secara online dengan hasil TK Desa Ngadiroyo “Terakreditasi B”.

Adapun tujuan TK Desa Ngadiroyo mengikuti akreditasi sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007, yaitu memberikan gambaran tingkat kinerja sekolah yang dijadikan sebagai alat pembinaan, pengembangan, dan peningkatan sekolah serta memnerikan jaminan kepada publik bahwa sekolah telah terakreditasi dan menyediakan layanan pendidikan yang memenuhi standar akreditasi nasional.

TK Desa Ngadiroyo mewakili Kecamatan Nguntoronadi dalam GEBYAR PAUD Kabupaten Wonogiri Tahun 2018.

Sementara partisipasi GEBYAR PAUD Kabupaten Wonogiri Tahun 2018, TK Desa Ngadiroyo menjadi wakil dari Kecamatan Nguntoronadi di tingkat Kabupaten pada lomba menggambar di Objek Wisata Wduk Gajah Mungkur pada hari Kamis, 30 Agustus 2018. Adapun lomba diwakili oleh Ananda Mateus Peter Prajantara.

Tema dari GEBYAR PAUD 2018 yaitu “Anak Usia Dini Cinta Budaya Indonesia dengan Mengenalkan Dolanan Tradisional Anak”. Dengan tujuan untuk mewujudkan kreativitas, cerdas, terampil, dan mandiri dalam bentuk festival sesuai kategori pada anak-anak.

Dan untuk kegiatan Outing Class Semester I di TK Desa Ngadiroyo dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Oktober 2018. Outing Class semester I dilaksanakan di Kolam Renang Hanoo Sidoharjo Wonogiri dan Istana Parnaraya Sidoharjo, Wonogiri. Kegiatan Outing Class diikuti oleh seluruh anak didik dan orang tua sebagai pendamping.

Kegiatan Outing Class di Kolam Renang Hanoo dan Istana Pamaraya Sidoharjo, Wonogiri.

Tujuan diadakan Outing Class yaitu untuk menumbuhkan motivasi belajar anak, melatih dan mengembangkan kemampuan motorik anak, kepercayaan diri anak, pengenalan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar anak secara langsung.

Selain kegiatan di atas masih banyak kegiatan yang dilakukan oleh TK Desa Ngadiroyo baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan untuk mengasah akademik dan non akademik anak didik agar berkembang dengan baik.

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan