Penyaluran Telur dan Beras Di E-Warong MULYONO

ngadiroyo.sideka.id || Minggu 2/12/2018, sebanyak 197 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Ngadiroyo yang telah menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang juga bisa berfungsi sebagai kartu anjungan tunai mandiri (ATM) BNI menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) berupa telur dan beras yang bertempat di Warung Gotong-Royong Elektronik (E-Warong) MULYONO tepatnya di Dusun Sengon RT. 01/RW. 07.

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli pangan di e-Warong KUBE PKH / pedagang bahan pangan yang bekerjasama dengan HIMBARA (Himpunan Bank Negara). Bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada KPM secara tepat sasaran dan tepat waktu.

BPNT berupa pemberian 1 kg telur dan 7,5 kg beras diterima oleh sebanyak 197 KPM Desa Ngadiroyo setiap bulannya. Sebanyak 197 KPM Desa Ngadiroyo terdiri dari 105 KPM PKH dan 92 KPM NON PKH . Bantuan dalam bentuk pemberian telur dan beras merupakan bantuan yang pertama kali diterima oleh KPM. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tersebut merupakan program dari Kementrian Sosial (Kemensos) sebagai pengganti program Beras Sejahtera (Rastra). Sebelumnya program Beras Rastra merupakan pemberian bantuan beras 10 kg kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang diberikan setiap bulannya.

KPM PKH dan NON PKH menunggu antrian untuk menerima BPNT di E-Warong MULYONO.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Wonogiri melalui Suplier telah mengirim BPNT berupa telur dan beras di Pendopo Kecamatan Nguntoronadi pada 29 November dan kemudian diambil oleh masing-masing penyalur. 3 (tiga) hari setelah pengambilan BPNT di Kecamatan Nguntoronadi, penyaluran BPNT di Desa Ngadiroyo melalui E-Warong MULYONO baru dapat terlaksana pada hari minggu (2/12).

Ditemui di E-Warung Mulyono, Ninik Indriati selaku pemilik Toko Kelontong tersebut menyampaikan bahwa setelah diterima banyak telur yang rusak/busuk baik telur retak maupun pecah. Diperkirakan, ada sekitar 3 kg telur yang rusak. Telur yang rusak juga menimbulkan bau yang tidak enak.

Untuk mengatasi antrian KPM dalam penyaluran BPNT di E-Warong MULYONO, pihak E-Warong melakukan penjadwalan untuk masing-masing Dusun. Penyaluran BPNT dimulai pukul 11 siang dari KPM Dusun Ngelo.

Dalam proses penggesekan kartu di mesin EDC dikatakan oleh Istri Kepala Desa Ngadiroyo tersebut, tidak mengalami kendala yang berati. Hanya saja ada 4 kartu yang tidak dapat dilakukan untuk transaksi karena code error. 4 kartu yang tidak dapat digesek atas nama KPM Sadikem (Dusun Ngelo), Suyem (Dusun Rejosari), Suyati (Dusun Ngadiroyo), dan Suparni (Dusun ngadiroyo). Code error pada setiap kartu yang tidak dapat digesek berbeda-beda. Dan bagi KPM yang kartunya tidak dapat digesek, bantuan tidak dapat diberikan.

Proses penggesekan Kartu KPM pertama kali di mesin EDC oleh pemilik E-Warong MULYONO.

Pendamping PKH Desa Ngadiroyo, Tuty Indriyani, SE yang hadir dalam penyaluran BPNT di E-Warung Mulyono mengatakan bahwa penyaluran BPNT Desa Ngadiroyo di E-Warong Mulyono berjalan dengan lancar. Untuk Kartu yang tidak dapat digesek bantuan BPNT ditahan dan kartu dikembalikan kepada KPM, E-Warung hanya mengisi form kontrol pencairan gagal BPNT saja.

Di beberapa Desa yang telah melaksanakan penyaluran BPNT juga mengalami kendala yang serupa yaitu adanya beberapa kartu yang tidak bisa di gesek karena kode error. Pendaming PKH tersebut juga menjelaskan bahwa kartu yang tidak dapat digesek karena code error nantinya harus mendatangi Customer Service di Bank BNI.

Penyaluran BPNT untuk pertama kalinya di E-Warung MULYONO seluruhnya dapat berjalan dengan lancar dan selesai sekitar pukul 19.00 WIB. Semoga saja penyaluran BPNT berupa telur dan beras khususnya bagi KPM Desa Ngadiroyo dapat bermanfaat dan sesuai dengan tujuan pemberian BPNT itu sendiri yaitu untuk mengurangi beban pengeluaran serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada KPM secara tepat sasaran dan tepat waktu.

Facebook Comments

2 Comments

Tinggalkan Balasan