Warsi, Janda Yang Memperoleh Bantuan Pemugaran RTLH Tahun 2018

ngadiroyo.sideka.id || Pemerintah Desa Ngadiroyo Kecamatan Nguntoronadi telah merampungkan kegiatan pemugaran Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bagi 3 rumah tangga miskin dari dana Bantuan Keuangan Kepada Pemerintah Desa (Bankeu Pemdes) Tahun Anggaran 2018 sebesar Rp. 30.000.000,-. Program pemugaran Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) adalah suatu program dari pemerintah untuk memberi bantuan dana pemugaran rumah bagi rakyat miskin yang termasuk data by name by addres yang diperoleh dari Pemutahiran Basis Data Terpadu/ PBDT 2015.

Akhir Oktober lalu, Kepala Desa Ngadiroyo Mulyono telah menyerahkan dana RTLH dari Bankeupemdes sebesar Rp. 30.000.000,- kepada ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK). Seperti yang disampaikan Kepala Desa Ngadiroyo, dana RTLH dari Bankeupemdes ini sifatnya hanya stimulan.
Dana RTLH yang hanya bersifat stimulan tersebut harus ada swadaya dari masyarakat. Swadaya dari masyarakat dapat berupa bahan bangunan maupun tenaga kerja.
Penyerahan Dana RTLH Dari Bankeupemdes Tahun 2018, Dari Kepala Desa ke TPK.
Berbeda dari tahun sebelumnya, kegiatan pemugaran RTLH tahun 2017 dengan dana sebesar Rp. 30.000.000 diperuntukan bagi 10 rumah tangga miskin dan masing-masing penerima manfaat menerima dana sebesar Rp. 10.000.000,-. Sedangkan untuk tahun 2018, pemugaran RTLH diperuntukan bagi 3 rumah tangga miskin saja dengan dana sebesar Rp. 10.000.000,- untuk masing-masing penerima. Penetapan 3 rumah sebagai penerima bantuan Bankeupemdes untuk pemugaran RTLH diperoleh setelah diselenggarakannya Musyawarah Desa (Musdes) pada beberapa waktu yang lalu.
Salah satu penerima manfaat bantuan RTLH dari dana Bankeupemdes Tahun 2018 di Desa Ngadiroyo yaitu Warsi, warga dari Dusun Rejosari RT.02/RW.03. Perempuan berusia 65 tahun tersebut merupakan janda yang tinggal sendiri di rumahnya. Rumah perempuan yang sehari-hari bekerja sebagai petani ini kondisinya memang sudah tidak layak untuk dihuni. Rumah yang ditinggali oleh janda dengan 1 anak ini merupakan bangunan lawas yang dindingnya masih berupa papan kayu dan anyaman bambu dengan kondisi yang sudah tidak bagus.
Rumah Warsi, warga Dusun Rejosari RT.02/RW.03 Desa Ngadiroyo sebelum pemugaran RTLH.
Pembangunan RTLH di rumah Warsi tersebut dilaksanakan setelah bahan material yang dipesan oleh TPK telah dikirim oleh supplier ke rumah. Pemugaran rumah tersebut meliputi perbaikan atap rumah dan perbaikan dinding. Sebelumnya atap rumah Warsi berupa genteng tanah liat dan dinding rumah berupa papan kayu dengan kondisi yang sudah tidak baik. Kemudian dilakukan perbaikan dengan mengganti atap rumah dengan Asbes dan mengganti dinding dengan GRC. Pengerjaan pemugaran rumah dengan luas 54 m2 tersebut dilakukan secara swadaya oleh warga sekitar.

Selain Warsi, penerima manfaat pemugaran RTLH dari dana Bankeu Pemdes Tahun 2018 juga diberikan kepada Sudadi yang merupakan warga dari Dusun Ngelo RT.01/RW.01 berupa perbaikan dinding dan Tarlan dari Dusun Sengon RT.01/07 berupa perbaikan dinding. Program RTLH Tahun 2018 di Desa Ngadiroyo berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan, dan dalam kegiatan RTLH  ini Desa Ngadiroyo mendapat bantuan dana dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp. 30.000.000, (Tiga Puluh Juta Rupiah) dengan hasil yang dicapai sesuai yang dicantumkan dalam RAB yang terlampir yaitu Warga merasa nyaman menempati rumahnya, meningkatkan kesehatan keluarga, meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraannya, menggugah kembali sifat gotong royong warga masyarkat dan memicu tumbuh kembangnya rasa peduli terhadap masyarakat miskin.

 

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan