LINMAS Desa Ngadiroyo Ikuti Latihan PBB Dalam Kegiatan Pembinaan Linmas dan Siskamling Tahun 2018

ngadiroyo.sideka.id || Kamis (20/12/2018), Pemerintah Desa Ngadiroyo Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri melalui PTPKD Bidang Pembinaan menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Linmas (Perlindungan Masyarakat) dan Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan) bagi sebanyak 28 anggota Linmas di Desa Ngadiroyo.

Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan. 

Kegiatan Pembinaan Linmas dan Siskamling ini merupakan salah satu dari kegiatan yang ada di APBDes Tahun 2018 dari Bidang Pembinaan dan merupakan satu-satunya kegiatan yang belum terlaksana.

Anggota Linmas Desa Ngadiroyo, peserta Pembinaan Linmas dan Siskamling Tahun 2018.

Dalam menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Linmas dan Siskamling bagi sebanyak 28 anggota Linmas tersebut, Pemerintah Desa Ngadiroyo menghadirkan Sersan Kepala Abdul Rozak BABINSA (Bintara Pembina Desa) Desa Ngadiroyo, Koramil 04 / Nguntoronadi, Kodim 0728 / Wonogiri serta Brigadir Kepala Umar Zamzaini POLMAS (Polisi Masyarakat) Desa Ngadiroyo dari Polisi Sektor (Polsek) Nguntoronadi sebagai narasumber.

“Tahun 2019 diharapkan semua Desa se Kabupaten Wonogiri menjadi Desa Tangguh Bencana (DESTANA) dan masyarakatnya menjadi Masyarakat Tangguh Bencana (MASTANA). Linmas sebagai pelindung masyarakat desa yang mempunyai tugas mendukung penanganan ketentraman, keamanan dan ketertiban dapat ikut berperan di dalamnya selaku petugas Destana dan sebagai motivator di masyarakat,” ujar Kepala Desa Ngadiroyo Mulyono dalam sambutannya.

Diketahui ada beberapa fungsi Linmas berdasarkan asas legalitas, yaitu : sebagai bagian dalam penanggulanagn bencana, pengamanan Pemilu, antisipasi terorisme, fungsi dalam keamanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat serta kegiatan sosial masyarakat lainnya.

Dalam memberikan sambutan dan pengarahan, Sersan Kepala Abdul Rozak menyampaikan terkait kegiatan pembinaan Linmas bertujuan meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia) dalam hal menciptakan keamanan, ketentraman dan ketertiban di dalam masyarakat.

Serka Abdul Rozak (tengah) saat memberikan sambutan dan pengarahan kepada peserta Pembinaan Linmas dan Siskamling Desa Ngadiroyo Tahun 2018.

“Pembinaan Linmas sangat penting dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam hal menciptakan keamanan, ketentraman dan ketertiban di dalam masyarakat. Pembinaan Linmas perlu dilakukan agar memotivasi anggota Linmas untuk selalu berperan aktif dalam mengampu tugas-tugas Linmas dalam beberapa aspek kegiatan,” jelas Serka Abdul Rozak.

Pada Kesempatan ini Serka Abdul Rozak juga mengingatkan bahwa sebentar lagi akan diselenggarakan Pesta Demokrasi / Pemilu tahun 2019, terlebih saat ini mendekati tahun politik banyak sekali isu hoax yang bersedar.

“Tahun depan, tepatnya pada tanggal 17 Juni 2019 mendatang akan diadakan Pemilu untuk pemilihan Presiden dan anggota Legislatif. Peran Linmas tentunya sangat penting dalam menciptakan suasana aman dan kondusif menjelang hari Pemilu serta dalam penyelenggaraan kegiatan Pemilu mendatang,” tegas Serka Abdul Rozak.

Pemilihan Umum adalah kegiatan akbar secara nasional termasuk mendapat sorotan dunia internasional, dan disini fungsi anggota linmas sangat vital berkaitan erat dengan pengamanan Tempat pemungutan suara di seantero Nusantara. Termasuk secara legalitas dituangkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 10 tahun 2009 tentang Penugasan satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penanganan Ketentraman, Ketertiban Dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

Anggota Linmas saat mengikuti Latihan PBB dipimpin oleh Serka Abdul Rozak di halaman Kantor Desa Ngadiroyo.

Dalam kegiatan Pembinaan Linmas dan Siskamling di Desa Ngadiroyo ini, Bripka Umar Zamzaini POLMAS Desa Ngadiroyo dari Polisi Sektor (Polsek) Kecamatan Nguntoronadi juga menyampaikan beberapa hal terkait peran Linmas dalam menciptakan suasana yang aman dan kondusif di masyarakat, khususnya di masyarakat Desa Ngadiroyo. Terlebih belum lama ini ada kejadian pencurian sepeda motor di Desa Ngadiroyo ini. Sehingga diharapkan sebagai anggota Linmas harus berperan aktif dalam kegiatan siskamling / ronda malam serta mengajak warga masyarakat sekitar.

Setelah sambutan dan pengarahan dari narasumber, kegiatan Pembinaan Linmas dan Siskamling Desa Ngadiroyo dilanjutkan dengan latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) yang dipimpin oleh Serka Abdul Rozak. Latihan PBB yang diberikan kepada anggota Linmas Desa merupakan gerakan PBB dasar. Latihan PBB diperlukan dalam membentuk sikap disiplin bagi anggota Linmas.

Kegiatan Pembinaan Linmas dan Siskamling selama 2,5 jam itu pun berjalan dengan tertib dan lancar. Seluruh peserta tampak antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Dan semoga dengan kegiatan ini menambah semangat kerja bagi anggota Linmas Di Desa Ngadiroyo.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan