Serah Terima BPD Dongkol Ke BPD Baru

Ngadiroyo.sideka.id || BPD (Badan Permusyawaratan Desa) dongkol/lama (masa bakti 2012-2018) Desa Ngadiroyo yang telah berakhir masa jabatannya melaksanakan serah terima kepada BPD baru (masa bakti 2018-2024) di Balai Desa Ngadiroyo, hari Rabu (19/12/2018) siang.

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan Pemerintah Desa. BPD dapat dianggap sebagai “parlemen”-nya desa. BPD merupakan lembaga baru di desa pada era otonomi daerah di Indonesia.

Diketahui, tahun 2018 ini merupakan akhir masa jabatan BPD lama (masa bakti 2012-2018) yang semula beranggotakan 9 orang dan diketuai oleh Wardi yang merupakan warga dari Dusun Tritis. Selama 6 tahun menjalankan amanah sebagai BPD, di akhir masa jabatan anggota BPD yang tersisa tinggal 7 orang saja. Hal ini dikarenakan 1 orang mengundurkan diri karena pindah tempat dan 1 orang mengundurkan diri karena menjadi Perangkat Desa.

Wardi (kanan) ketua BPD lama saat acara serah terima kepada Martono (kiri) Ketua BPD baru.

Pada pertengahan bulan oktober lalu, telah dilaksanakan pembentukan BPD baru Desa Ngadiroyo dengan melalui musyawarah dusun untuk menentukan calon BPD. BPD Desa Ngadiroyo masa bakti 2018-2024 terpilih sebanyak 7 anggota BPD dan diketuai oleh Martono yang merupakan warga dari Dusun Rejosari. Dari 7 anggota BPD, terdapat 1 anggota BPD perempuan sebagai unsur keterwakilan perempuan.

Dalam acara serah terima yang dibuka oleh Wardi selaku Ketua BPD Dongkol/Lama tersebut, dihadiri oleh Kepala Desa Ngadiroyo, Perangkat Desa, anggota BPD lama, Ketua dan anggota BPD Baru, RT serta RW.

Dalam sambutannya, Wardi selaku ketua BPD lama mengucapkan selamat atas terpilihnya BPD baru masa bakti 2018-2023 dan mengucapkan mohon maaf dalam melaksanakan tugas sebagai BPD selama ini.

“Kami selaku BPD dongkol mengucapkan selamat datang dan selamat atas terpilihnya BPD baru masa bakti 2018-2023. Kami selaku BPD dongkol memohon maaf dalam melaksanakan tugas sebagai BPD selama ini tentunya banyak kekurangan atau kesalahan”, kata Wardi.

Wardi selaku Ketua BPD lama saat memberikan sambutan dalam serah terima ke BPD baru.

Ketua BPD lama yang merupakan warga Dusun Tritis tersebut juga menyampaikan harapan agar BPD Desa Ngadiroyo menjadi lebih baik dalam mengemban tugas dan amanah serta menjadi partner yang solid untuk Pemerintah Desa Ngadiroyo.

“Harapan kami selaku BPD lama yaitu BPD Desa Ngadiroyo menjadi lebih baik dari kemarin dalam mengemban tugas dan amanah serta menjadi partner yang solid untuk Pemerintah Desa Ngadiroyo”, tegasnya.

Dalam acara serah terima tersebut, Wardi selaku Ketua BPD lama menyerahkan cap BPD dan kunci ruang sekretariat BPD kepada Martono selaku Ketua BPD baru terpilih.

Martono selaku ketua BPD baru dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas terpilihnya menjadi ketua BPD dan sebagai ketua baru meminta bimbingan agar dapat menjalakan tugas sebagaimana mestinya.

Martono (kiri) Ketua BPD baru saat memberikan sambutan.

“Terimakasih kepada rekan-rekan yang telah memilih saya sebagai ketua BPD. Tentunya sebagai ketua BPD merupakan pengalaman baru bagi kami sehingga kami meminta bimbingan dalam menjalankan tugas ini agar dapat berjalan dengan baik dan lancar”, ujar Martono.

Martono juga berharap agar BPD baru dapat bekerja lebih baik dan dapat bekerjasama dengan Pemerintah Desa Ngadiroyo demi kemajuan Desa Ngadiroyo.

“Kami sebagai anggota BPD baru berharap dapat bekerja lebih baik dan dapat bekerjasama dengan Pemerintah Desa Ngadiroyo demi kemajuan Desa Ngadiroyo”, tegasnya.

Dengan terpilihnya BPD baru selama 6 tahun kedepan, Mulyono selaku Kepala Desa Ngadiroyo berharap agar dapat terjalin kerjasama yang baik dengan Pemerintah Desa sehingga semakin meningkatnya prestasi dan kemajuan Desa Ngadiroyo. Mengingat kedudukan dan fungsi BPD sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan Desa.

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan