“Marketing Day” ala Anak-Anak PAUD KB PELITA Desa Ngadiroyo

Ngadiroyo.sideka.id || PAUD KB PELITA merupakan pendidikan anak usia dini mulai dari usia 2 tahun hingga 5 tahun yang ada di Desa Ngadiroyo Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri. PAUD KB Pelita terletak tepat di belakang Kantor Desa Ngadiroyo yang sebelumnya merupakan TK Desa Ngadiroyo ketika belum dibangun di lokasi yang baru. Saat ini (Tahun Ajaran 2018-2019), PAUD KB PELITA tercatat mempunyai sebanyak 3 tenaga didik (tendik) dan 24 peserta didik.

Dalam pendidikan anak usia dini membutuhkan banyak kegiatan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Salah satunya kegiatan pembelajaran yang berpusat pada suatu area yang biasa disebut dengan sentra. Pembelajaran sentra merupakan pembelajaran yang difokuskan pada anak (student center) guru sebagai pengawas dan fasilitator. Pada pembelajaran sentra ini mempunyai bermacam-macam bentuk sentra, yaitu Sentra keimanan dan ketaqwaan, Sentra alam, Sentra seni, Sentra bermain peran, dan Sentra balok.

Peserta didik PAUD KB PELITA mengikuti kegiatan marketing day di depan Balai Desa Ngadiroyo, Rabu (20/02).

Seperti pada hari Rabu (20/02), anak-anak PAUD KB PELITA mengikuti kegiatan pembelajaran dengan melakukan kegiatan marketing day yaitu kegiatan berjualan yang bertempat di depan Balai Desa Ngadiroyo. Kegiatan tersebut sesuai dengan tema pada minggu ini yaitu pekerjaan dengan sub tema yaitu pedagang. Peserta didik PAUD berperan menjadi seorang pedagang dengan menawarkan beberapa jenis makanan yang sudah orang tua mereka siapkan.

Dalam marketing day tersebut, ada beberapa jenis makanan yang dijual oleh anak-anak PAUD diantaranya arem-arem, nagasari, kacang rebus, kue basah dan masih ada beberapa macam lainnya. Dengan diadakannya kegiatan marketing day yang bertempat di Balai Desa Ngadiroyo, tentunya Perangkat Desa lah sebagai pembelinya. Setiap jenis makanan yang peserta didik PAUD tawarkan, harganya hanya Rp.1000,- saja. Dan tentunya dalam kegiatan ini, anak-anak didampingi oleh tenaga didik yang berperan untuk mengawasi dan juga membantu jika anak-anak mengalami kesulitan.

Kegiatan pembelajaran dengan sentra peran seperti menjadi pedagang ini, selain sangat mendukung peserta didik pada perkembangan bahasa dan interaksi sosial, kegiatan ini juga dapat mengenalkan pada anak tentang fungsi dan cara mendapatkan uang.

Kepala Desa dan Perangkat Desa Ngadiroyo mengikuti marketing day bersama anak-anak PAUD KB PELITA.

Hal tersebut disampaikan Kepala PAUD KB PELITA Desa Ngadiroyo, Sri Utami, ketika dimintai penjelasan terkait kegiatan marketing day ini.

“Tujuan dari marketing day ini dengan anak menjadi seorang pedagang bertujuan untuk mengenalkan anak tentang kegunaan uang, menjadikan anak merasakan bagaimana cara mendapatkan uang sehingga diharapkan lebih menghargai dan menyayangi orang tua,” ujar perempuan yang akrab dipanggil Cicik itu.

Model pembelajaran yang kreatif dan inovatif sangat bermanfaat untuk diterapkan kepada peserta didik PAUD karena dengan variasi aktivitas yang anak-anak lakukan, aktivitas menjadi menyenangkan dan anak-anak pun akan semakin banyak belajar. Model pembelajaran yang kreatif dan inovatif juga sangat bermanfaat untuk mengembangkan potensi yang dimilik oleh setiap individu.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan