Manfaatkan Layanan Jemput Bola Rekam KTP Elektronik di Desa Ngadiroyo

Pelayanan Jemput Bola Rekam KTP Elektronik di Balai Desa Ngadiroyo, Selasa (26/2).

ngadiroyo.sideka.id || KTP elektronik adalah dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan/pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada basis data kependudukan nasional.

Program KTP elektronik merupakan program yang diluncurkan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, untuk dapat menciptakan sistem administrasi kependudukan yang rapi dan teratur dalam rangka mempermudah pemberian pelayanan publik oleh pemerintah kepada seluruh masyarakat.

Program KTP elektronik di Indonesia yang telah dimulai sejak tahun 2009 tersebut mempunyai beberapa fungsi, yaitu sebagai identitas jati diri, berlaku nasional sehingga tidak perlu lagi membuat KTP lokal untuk pengurusan izin, pembukaan rekening Bank dan sebagainya, mencegah KTP ganda dan pemalsuan KTP serta terciptanya keakuratan data penduduk untuk mendukung program pembangunan.

Kepala Desa Ngadiroyo ikut hadir di pelayanan rekam KTP elektronik di Balai Desa Ngadiroyo.

Untuk mempermudah pelayanan masyarakat mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik tersebut, Pemerintah Kecamatan Nguntoronadi KabupatenWonogiri, menjadwalkan kegiatan jemput bola rekam data KTP elektronik dengan melakukan perekaman langsung ke Desa / Kelurahan.

Kini warga tidak lagi harus datang jauh-jauh ke Kantor Kecamatan di wilayahnya, melainkan mereka cukup melakukan perekaman data diri di Kantor Desa / Kelurahan masing-masing.

Seperti kemarin hari Selasa (26/2), petugas dari Kecamatan Nguntoronadi membuka pelayanan KTP elektronik di Kantor Desa Ngadiroyo Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri.

Pemerintah Desa Ngadiroyo menyambut baik program tersebut, mengingat jarak ke Kecamatan Nguntoronadi cukup jauh sehingga memerlukan cukup waktu, tenaga dan tentunya biaya transportasi.

Bekerjasama dengan Pemerintah Desa Ngadiroyo, petugas dari Kecamatan Nguntoronadi membuka layanan perekaman E-KTP untuk warga Desa Ngadiroyo yang dimulai pukul 10.00 WIB.

Salah satu Warga Desa Ngadiroyo saat sedang mengikuti proses rekam KTP elektronik di Balai Desa Ngadiroyo.

Sebelumnya melalui masing-masing Kepala Dusun (Kadus) telah memberikan informasi terkait akan adanya rekam KTP elektronik yang akan dilaksanakan di Balai Desa Ngadiroyo.

Sasaran utamanya adalah penduduk usia 17 Tahun dan penduduk usia 16 Tahun (mendekati 17 tahun) yang umumnya masih berstatus pelajar.

Syarat untuk mengikuti layanan jemput bola KTP elektronik ini sangat mudah, warga cukup datang ke Balai Desa Ngadiroyo dengan membawa fotocopy KK (Kartu Keluarga).

Tercatat sebanyak 8 warga Desa Ngadiroyo yang mengikuti pelayanan jemput bola rekam KTP elektronik, guna mendapatkan dokumen pribadi yang wajib dimiliki oleh setiap Warga Negara Indonesia yang sudah memenuhi syarat.

Sebanyak 8 warga yang memanfaatkan kegiatan jemput bola rekam KTP elektronik itu terdiri dari anak-anak Sekolah yang usianya sudah memenuhi syarat yaitu 16-17 tahun, warga yang sudah pernah ikut rekam KTP elektronik sebelumnya tetapi hingga saat ini belum jadi hingga warga yang cacat/keterbelakangan mental yang belum ikut rekam KTP elektronik sebelumnya.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan