Trip dusun pemerintah desa bersama lembaga desa di dusun srayu

ngadiroyo.sideka.id || Saat ini kegiatan APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) Tahun 2019 Desa Ngadiroyo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri sudah mulai berjalan, sehingga dalam rangka mensosialisasikan kegiatan di APBDes tersebut Pemerintah Desa Ngadiroyo mengadakan kegiatan trip dusun. Sebelumnya, Sekretaris Desa Ngadiroyo telah menyusun jadwal untuk pelaksanaan kegiatan sosialisasi / trip di 8 (delapan) dusun yang ada di Desa Ngadiroyo. Sekdes membagi Kegiatan trip dusun menjadi 2 tahap, yaitu tahap pertama dilaksanakan di Dusun Srayu, Dusun Sengon, Dusun Pojok dan Dusun Ngelo, selanjutnya 4 (empat) dusun lainnya jadwal menyusul.

Kegiatan trip dusun untuk pertama kalinya di laksanakan di Dusun Srayu bertempat di rumah Sigit Purwanto selaku Kadus (Kepala Dusun) Srayu pada hari Sabtu (4/5/2019) malam. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh bapak-bapak warga dusun srayu sekaligus bersamaan dengan acara arisan. Trip dusun dalam rangka sosialisasi kegiatan di tahun 2019 akan dihadiri oleh tim yang terdiri dari kepala desa dan perangkat desa yaitu Sekdes, Kaur, Kasi dan Kadus yang bertempatan beserta lembaga desa seperti ketua BPD dan anggota BPD yang bertempatan, KPMD serta Ketua LPM dan anggota LPM yang bertempatan. Namun dalam kesempatan ini ketua BPD tidak dapat hadir dikarenakan ada kepentingan lain.

Sampai saat ini, Desa Ngadiroyo telah memasuki tahap pengajuan Dana Desa yang sebagian besar digunakan untuk kegiatan pembangunan infrastuktur. Dan diantaranya ada 2 (dua) kegiatan pembangunan infrakstruktur yang rencananya akan dibangun di Dusun Srayu. Kegiatan tersebut berupa pembangunan rabat beton dan pembangunan drainase + plat beton dengan anggaran sebesar Rp. 60.000.000,- yang bersumber dari Dana Desa dan akan dilaksanakan pada tahap pertama.

Pembangunan drainase/selokan di Dusun Srayu yang bersumber dari Dana Desa dengan anggaran sebesar Rp. 45.000.000,- tersebut terletak di jalan utama menuju Dusun Srayu. Menyikapi pembangunan yang sebentar lagi akan dilaksanakan, warga telah memulai bergotong-royong dengan melakukan kegiatan kerjabakti bersama membersihkan lokasi sekitar pembangunan. Warga berencana akan segera membangun drainase pada bulan puasa ini agar sebelum lebaran diharapkan sudah dapat diselesaikan.

Kegiatan Sosialisasi / Trip Dusun oleh Pemerintah Desa beserta lembaga desa di Dusun Srayu, Sabtu (4/5/2019).

Selain mensosialisasikan kegiatan pembangunan infrastruktur yang bersumber dari Dana Desa, sosialisasi juga terkait dengan kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari dana lainnya. Masing-masing kaur dan kasi selaku PPKD (Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa) juga menjelaskan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing sesuai dengan peraturan baru yang berlaku. Diketahui tupoksi Perangkat Desa saat ini sesuai dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018. sebagai ganti Pemendagri Nomor 113 Tahun 2014.

Kehadiran lembaga-lembaga desa seperti BPD, LPM dan KPMD juga diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait peran dari masing-masing lembaga. Terlebih kepengurusan BPD dan LPM yang belum lama melakukan reorganisasi sehingga belum banyak warga yang mengetahui anggota dari lembaga tersebut yang baru saat ini.

Kegiatan sosialisasi dengan trip dusun oleh pemerintah desa bersama lembaga desa ini diharapkan dapat menyampaikan program Desa kepada masyarakat khususnya di Dusun Srayu berkaitan dengan semua kegiatan yang ada di APBDes. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perancanaan nasional. Dalam trip dusun Pemerintah Desa juga menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan anggaran yang meliputi bidang pemerintahan desa, pembangunan, pemberdayaan masyarakat desa, pembinaan masyarakat serta penanggulangan bencana.

Kegiatan ini juga sebagai upaya transparansi atau keterbukaan terkait APBDes Tahun 2019 oleh pemerintah desa kepada masyarakat. Dengan kegiatan ini juga diharapkan dapat menjalin hubungan kerjasama untuk bersama-sama membangun Desa Ngadiroyo agar semakin sejahtera. Setelah di dusun srayu, kegiatan trip dusun akan dilanjutkan ke dusun Sengon tepat setelah shalat tarawih.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan