Kegiatan perdana Mahasiswa KKNT IPB, hadiri Posyandu Sadewo di Dusun Ngadiroyo

ngadiroyo.sideka.id || Kuliah Kerja Nyata Tematik Institut Pertanian Bogor (KKN-T IPB) untuk pertama kalinya dilaksanakan di Desa Ngadiroyo, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri. Salah satu program yang akan diterapkan yaitu berhubungan dengan kegiatan Posyandu. Kamis (20/6), mahasiswa KKN-T IPB melakukan kunjungan ke Posyandu Sadewo di Dusun Ngadiroyo. Kunjungan tersebut bertepatan dengan jadwal pelaksanaan kegiatab Posyandu tersebut. Setiap bulannya Posyandu Sadewo melaksanakan kegiatan Posyandu bagi Balita dan Lansia. Kedatangan mahasiswa KKN-T IPB ini bertujuan untuk melakukan wawancara dan survei kepada Ketua Kader Posyandu yakni Rusmiyati. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk penjajakan dalam menerapkan program KKN yang akan dibawakan.

Lansia Dusun Ngadiroyo saat mengikuti senam lansia di Posyandu Sadewo Desa Ngadiroyo, Kamis (20/6/2019).

Kebiasaan warga berkomunikasi dengan menggunakan bahasa jawa, menjadi tantangan tersendiri bagi teman-teman KKN-T IPB, karena harus menyesuaikan dengan kebiasaan warga yang mayoritas merupakan orang asli Jawa. Kedatangan mahasiswa KKN-T IPB disambut hangat oleh warga yang datang ke posyandu. Ibu-ibu datang membawa anaknya untuk melakukan diskusi terkait penimbangan berat badan. Suara tangisan anak balita mewarnai keberlangsungan kegiatan tersebut. Setelah dilakukan penimbangan dan pencatatan, anak-anak balita diberikan snack berupa pisang dan makanan bayi. Selanjutnya, mahasiswa KKN-T IPB berkumpul bersama untuk memperkenalkan diri dihadapan ibu-ibu dan bapak-bapak lansia.

Tak hanya kegiatan penimbangan berat badan untuk balita. Kegiatan lain yang dilakukan ialah senam lansia dengan iringan lagu. Terlihat wajah ibu-ibu dan bapak-bapak lansia sangat senang setelah melakukan senam tersebut. Senam ini dilakukan agar bapak-bapak dan ibu-ibu menjadi sehat dan badan menjadi bugar. Senam yang dilakukan sangatlah mudah, dan diharapkan dapat diterapkan oleh masing-masing warga di rumahnya. Dalam kegiatan Posyandu ini Lansia juga dapat mengecek kesehatan seperti cek tekanan darah dengan dibantu oleh Bidan dari Puskesmas Nguntoronadi II. (KKNT IPB 2019)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan