Vaksinasi Gratis dalam Kegiatan Penanggulangan Gangguan Reproduksi Ternak Desa Ngadiroyo

ngadiroyo.sideka.id || Dalam rangka percepatan populasi ternak ruminansia besar dan memenuhi kebutuhan produk hewan dalam negeri dilakukan upaya khusus percepatan peningkatan populasi dan ternak bunting yang terdapat di dalamnya kegiatan Penanggulangan Gangguan Reproduksi pada Sapi/Kerbau. Senin (24/6) Desa Ngadiroyo Kecamatan Nguntoronadi berkesempatan memperoleh kegiatan vaksinasi pada hewan ternak milik warga masyarakat. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan dan Peternakan bekerjasama dengan Koordinator Petugas Dislapernak Kecamatan Nguntoronadi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk penanggulangan gangguan reproduksi ternak betina serta salah satu upaya pencegahan penularan penyakit antar ternak atau dari ternak kepada manusia. Karena pada umumnya warga kurang mengetahui dan kurang memahami permasalahan reproduksi pada hewan ternak serta bahaya yang mengancam apabila ternak mereka terserang penyakit.

Pelaksanaan Kegiatan Penanggulangan Gangguan Reproduksi dengan vaksinasi oleh Petugas Dislapernak pada ternak Sapi milik warga Desa Ngadiroyo, Senin (24/6/2019).

Petugas dari Dislapernak yang hadir di Desa Ngadiroyo mengadakan kegiatan penyutikan hewan ternak di beberapa dusun diantaranya adalah dusun Tritis dan dusun Rejosari. Namun, kuota yang diberikan terbatas dikarenakan setiap desa hanya memiliki kuota jumlah ternak yang akan di vaksinasi, yakni masing-masing Desa sebanyak 250 ekor ternak. Sehingga terdapat beberapa warga yang ternaknya tidak mendapatkan vaksinasi tersebut.  Ternak yang diberikan vaksinasi pada kegiatan ini adalah sapi betina dengan beberapa kriteria salah satunya adalah dikawinkan atau di IB minimal 2 kali dan tidak bunting (kawin berulang).

Penyuntikan vaksinasi dilakukan dengan cara door to door  ke setiap rumah warga yang memiliki sapi termasuk dalam kriteria untuk kegiatan ini. Perlu diketahui ada beberapa kriteria yang menjadi faktor penyebab terganggunya gangguan reproduksi pada ternak betina. Penyuntikan yang diberikan berupa vitamin dan vaksinasi pencegahan penyakit menular. Selain vaksinasi tersebut Dislapernak juga melayani beberapa keluhan warga terkait ternaknya yang sakit.

Selain penanggulangan gangguan reproduksi pada ternak, vaksinasi juga bertujuan untuk pencegahan penyakit menular sehingga dapat meningkatkan produktivitas ternak.

Dengan adanya kegiatan vaksinasi tersebut, diharapkan ternak warga menjadi lebih produktif dan warga dapat menjaga kebersihan lingkungan ternak dan tetap memberikan pakan yang cukup bagi ternaknya. Sehingga, dapat meningkatkan populasi ternak khususnya di Desa Ngadiroyo serta ternak yang dimiliki  terhindar dari peyakit-penyakit menular, yang dapat merugikan warga salah satunya dari segi kesehatan. Dan Kegiatan yang diselenggarakan secara gratis ini disambut baik oleh warga masyarakat Desa Ngadiroyo.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan