Musdes Verval BDT Desa Ngadiroyo Semester I Tahun 2019

Musyawarah Desa (Musdes) Verifikasi dan Validasi Basis Data Terpadu (Verval BDT) Desa Ngadiroyo Tahun 2019 di Gedung Serba Guna Desa Ngadiroyo, Senin (24/6/2019).

ngadiroyo.sideka.id || Selasa (18/6/2019) Operator Data Desa untuk Verifikasi dan Validasi Basis Data Terpadu (Verval BDT) Penanganan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu Tahun 2019 mengikuti Bimbingan Teknis Pemutakhiran BDT Tahun 2019. Bimtek Pemutakhiran BDT Tahun 2019 diselenggarakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri di Ruang Graha Perencana I Bappeda dan Litbang Kabupaten Wonogiri. Menindaklanjuti hal tersebut, Pemerintah Desa Ngadiroyo menyelenggarakan Musyawarah Desa (Musdes) untuk verval BDT Desa Ngadiroyo. Musdes verval BDT untuk semester I ini diselenggarakan di Gedung Serba Guna Desa Ngadiroyo, Senin (24/6/2019).

Kepala Desa Ngadiroyo yaitu Mulyono berkesempatan membuka penyelenggaraan Musdes BDT ini. Dalam penyelenggaraan Musdes ini turut hadir Lembaga Desa seperti BPD, RT dan RW selaku peserta Musdes. Koordinator Kecamatan Dwi Ernawati, S.Sos. dan Pendamping PKH Kecamatan Tuty Indriyani, SH. juga berkesempatan hadir untuk memberikan penjelaskan terkait mekanisme Verval BDT untuk Semester I Tahun 2019.

Peserta Musdes Verval BDT Tahun 2019 yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna Desa Ngadiroyo, Senin (24/6/2019).

Target semeter I verval BDT tahun 2019 ini adalah mengeluarkan data inclusion error yaitu yang meninggal, pindah, dan ganda. Hal itu seperti yang dijelaskan oleh Erna selaku Koordinator Kecamatan saat memberikan pengarahannya. Erna menjelaskan bahwa fokus target semester ini adalah mengeluarkan data yang meninggal, pindah dan ganda. Sesuai dengan hasil verval BDT Tahun 2018, terdapat sejumlah 284 KRT dan 1.140 ART yang terdaftar di BDT Desa Ngadiroyo. Selanjutnya peserta Musdes akan memverval data yang telah ada untuk mencermati data yang telah meninggal, pindah, dan ganda.

Setelah dilakukan verval oleh peserta Musdes, data yang masuk dalam kategori inclusion error tersebut akan direkap oleh Operator Data Desa. Ari Mastuti Kasi Kesejahteraan selaku Operator Data Desa Ngadiroyo selanjutnya akan mencetak prelist sesuai data yang masuk dalam data inclusion error tersebut. selanjutnya data akan di entry ke dalam aplikasi Siks NG. Dalam pelaksanaan verval BDT ini deadline yang diberikan sangat singkat. Laporan harus selesai dan disetor ke tingkat Kecamatan paling lambat hari Sabtu (29/6/2019) untuk selanjutnya dikirim ke Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan