Sudah sesuai target ? Monitoring DD tahap I Desa Ngadiroyo Tahun 2019

Tim Monitoring dan Evaluasi Penggunaan Dana Desa Tahap I saat mengukur lokasi pembangunan Rabat Beton dan Gorong-gorong Dusun Pojok, Kamis (4/7/2019).

ngadiroyo.sideka.id || Dalam rangka pengendalian penggunaan Dana Desa (DD) Kecamatan Nguntoronadi Tim Kecamatan Nguntoronadi menyelenggarakan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Dana Desa Tahap I Tahun 2019 mulai Hari Kamis 27 Juni 2019 s.d Jumat 5 Juli 2019. Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan DD Tahap I Tahun 2019 Desa Ngadiroyo dilaksanakan pada Hari Kamis (4/7/2019). Kedatangan Tim Monitoring yang tiba Kantor Desa Ngadiroyo sekitar pukul 11.30 WIB itu disambut oleh Perangkat Desa Ngadiroyo.

Sriyanto (kiri) anggota Tim Monitoring dan Evaluasi Penggunaan DD Tahap I saat berkoordinasi dengan Perangkat Desa terkait Penggunaan DD Tahap I Desa Ngadiroyo, Kamis (4/7/2019).

Penggunaan Dana Desa tahun ini sebagian besar masih digunakan untuk kegiatan di Bidang Pembangunan Infrastruktur. Ada sebanyak 21 kegiatan pembangunan infrastruktur yang akan dibangun menggunakan Dana Desa. Untuk Dana Desa Tahap I, ada 3 kegiatan pembangunan Infrastruktur di 3 titik lokasi yang telah rampung dikerjakan. 3 titik lokasi dari penggunaan Dana Desa tersebut yaitu, Pembangunan Rabat Beton dan Gorong-Gorong Dusun Pojok RT. 01/RW. 06 dengan anggaran dana sebesar Rp. 70.574.000,-, Pembangunan Drainase dan Rabat Beton Dusun Srayu RT. 01/RW. 02 dengan anggaran dan sebesar Rp. 60.000.000,- dan Rehab Sumber Air Bersih Dusun Rejosari dengan anggaran dana sebesar Rp. 10.000.000,-.

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam kegiatan Monitoring ini yaitu, APBDes, Surat Pertanggungjawaban Kegiatan, Laporan realisasi penggunaan DD Tahap I, Dokumentasi Kegiatan, Dokumen Pendukung Lainnya. Camat Nguntoronadi Sriyono, S.Sos. selaku ketua Tim Monitoring Kecamatan Nguntoronadi tidak dapat hadir untuk memonitoring Penggunaan Dana Desa Tahap II di Desa Ngadiroyo. Adapun anggota tim yang hadir yaitu Sriyanto (Pendamping Desa), Triyanto (Staff Kecamatan Nguntoronadi), Daya Nirbita (Pendamping Desa) dan Sri Utami (Pendamping Lokal Desa (PLD) Desa Ngadiroyo). Sebelum ke Lokasi Pembangunan, tim monitoring berkoordinasi dengan Perangkat Desa dan memeriksa semua administrasi terkait penggunaan DD Tahap I.

Tim Monitoring dan Evaluasi DD Tahap I saat memonitoring lokasi Rehap Sumber Air Bersih Dusun Rejosari RT. 01/ RW. 03.

Setelah koordinasi antara Tim Monitoring dan Perangkat Desa selesai, Tim dan beberapa Perangkat Desa melanjutkan monitoring ke lokasi pembangunan. Lokasi pertama yang dikunjungi oleh Tim Monitoring adalah Dusun Pojok. Tahun ini Dusun Pojok telah merampungkan kegiatan Pembangunan Rabat Beton dan Gorong-Gorong.  Pembangunan tersebut dengan anggaran dana sebesar Rp. 70.574.000,- dengan panjang 186 M.

Lokasi selanjutnya adalah Rehab Sumber Air Bersih di Dusun Rejosari RT. 01/RW. 03. Pembangunan tersebut dengan anggaran dana sebesar Rp. 10.000.000,-. Sumber Air Bersih / Belik ini merupakan Sumber Air Bersih yang sebagian  besar digunakan oleh warga Dusun Rejosari. Kondisi bangunan yang sudah tidak layak menjadikan dasar untuk merehap bangunan di sumber air bersih / belik masyarakat tersebut.

Tim Monitoring dan Evaluasi Penggunaan DD Tahap I saat memonitoring Pembangunan Drainase dan Rabat Beton Dusun Srayu RT. 01/RW. 02.

Lokasi terakhir adalah Pembangunan Drainase dan Rabat Beton di Dusun Srayu RT. 01/RW. 02. Pembangunan Drainase dan Rabat Beton tersebut dengan anggaran Rp. 60.000.000,- dengan rincian Rp. 45.000.000,- untuk pembangunan Drainase dengan panjang 176 M dan Rp. 15.000.000,- untuk pembangunan Rabat Beton dengan panjang 170 M.

Tim Monitoring dan Evaluasi Penggunaan Dana Desa Tahap I tersebut melakukan pengukuran panjang maupun ketebalan baik pada pembangunan Drainase maupun Rabat Beton. Setelah pengukuran hasil yang diperoleh secara umum hasilnya sesuai target dan Rincian Anggaran Biaya (RAB) yang telah dibuat. Selanjutnya penggunaan Dana Desa Tahap I yang telah terealisasi agar segera diselesaikan LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban). Selesainya LPJ Tahap I digunakan untuk pengambilan Dana Desa Tahap selanjutnya yaitu Tahap II.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan