Sosialisasi Pelaksanaan Pekerjaan Pemanfaatan Air Tanah dan Tower Air untuk Pokmas Desa Ngadiroyo

Sosialisasi Pelaksanaan Pekerjaan Pemanfaatan Air Tanah dan Tower Air untuk Pokmas Desa Ngadiroyo, Rabu (26/6) di Balai Serba Guna Desa Ngadiroyo.

ngadiroyo.sideka.id || Rabu (26/6) telah diselenggarakan kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Pekerjaan Pemanfaatan Air Tanah dan Tower Air untuk Pokmas di Desa Ngadiroyo Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri. Sosialisasi ini disampaikan langsung oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral di Gedung Serba Guna Desa Ngadiroyo. Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh Camat Kecamatan Nguntoronadi, pihak Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Tengah, Kepala Desa Ngadiroyo, Perangkat Desa, dan Kelompok Masyarakat (Pokmas) Desa Ngadiroyo.

Sosialisasi Pelaksanaan Pekerjaan Pemanfaatan Air Tanah dan Tower Air untuk Pokmas di Desa Ngadiroyo dihadiri oleh Pihak ESDM dan Camat Nguntoronadi.

Pelaksanaan kegiatan yang diberikan untuk Pokmas Dusun Ngadiroyo dimulai oleh sambutan Sriyono selaku Camat Nguntoronadi. Beliau memberikan himbauan kepada masyarakat untuk mengawal program yang akan diberikan. Selanjutnya sambutan oleh Mulyono selaku Kepala Desa Ngadiroyo, Dusun Ngadiroyo yang akan menjadi penerima manfaat program merupakan wilayah yang ketika musim kemarau mengalami kesulitan air bersih. Serta selanjutnya sambutan dari pihak Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral. Beliau menyampaikan bahwa dalam tahap perencanaan program perlu mengajak masyarakat untuk terlebih dahulu mencari titik lokasi sumber air. Sementara untuk pengelolaan beliau meminta kepada mahasiswa KKN untuk membantu merumuskan organisasi yang akan mengelola pemanfaatan air tanah di Desa Ngadiroyo. Sesi berikutnya ialah melakukan diskusi dan tanya jawab yang dilakukan oleh masyarakat dengan pihak dinas ESDM. Salah satu diskusi yang dibahas adalah letak lokasi sumber air yang disepakati berada di Pasar Ngadiroyo.

Pokmas dari Dusun Ngadiroyo sebagai penerima manfaat program hadir dalam sosialisasi yang diselenggarakan oleh Dinas ESDM di Balai Serba Guna Desa Ngadiroyo, Rabu (26/6).

Berdasarkan pemaparan program pemanfaatan air tanah dan tower air, masyarakat akan dilibatkan dalam segi perencanaan hingga pengelolaan. Serta dijelaskan pula terdapat jaminan pemeliharaan dari Dinas ESDM selama enam bulan. Selanjutnya sumur yang dibuat, kelak akan dialirkan ke rumah warga dan ditetapkan iuran yang wajar menurut masyarakat. Program akan mulai direalisasikan pada bulan Agustus 2019 mendatang. Di akhir pemaparan ditegaskan bahwa pelaksanaan sosialisasi tersebut pada intinya dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan dalam menanggulangi kekeringan yang ada di Desa Ngadiroyo.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan