Wujudkan Koperasi RT dan PUAP yang akuntabel dan transparan dengan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi RT dan PUAP Desa Ngadiroyo Tahun 2019

ngadiroyo.sideka.id || APBDes Desa Ngadiroyo Tahun 2019 mencakup beberapa bidang kegiatan diantaranya bidang pemerintahan, bidang pembangunan, bidang pembinaan, dan bidang pemberdayaan. Salah satu kegiatan di bidang pemberdayaan yaitu pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi / KUD / KUKM. Oleh karena itu dalam merealisasi kegiatan tersebut Pemerintah Desa Ngadiroyo mengadakan kegiatan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi RT dan PUAP Desa Ngadiroyo Tahun 2019.

Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi tersebut dilaksanakan pada hari Selasa (6/8) pagi bertempat di Gedung Serba Guna Desa Ngadiroyo. Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi khususnya Koperasi RT didasari oleh ketidaklengkapan Laporan pertanggungjawaban RAT (Rapat Anggota Tahunan) kepada Kepala Desa sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada anggota dan ketaatan menyampaikan laporan kepada Pemerintah. Laporan yang dikirim ke Desa dari masing-masing Koperasi RT memiliki format yang berbeda-beda sehingga disinyalir pengurus kurang memahami dalam penyusunan laporan.

Pengurus Koperasi RT dan PUAP Desa Ngadiroyo mengikuti Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi RT dan PUAP Desa Ngadiroyo Tahun 2019, Selasa (6/8/2019).

Dalam penyelenggaraan Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi ini PPKD Bidang Pemberdayaan mengundang masing–masing 3 (tiga) Pengurus Koperasi RT dan PUAP. Diketahui Desa Ngadiroyo terdapat 15 Koperasi RT dan 1 Koperasi PUAP, sehingga total keseluruhan peserta pelatihan yaitu 48 orang. Sebagai Narasumber dalam kegiatan ini, Pemerintah Desa Ngadiroyo menghadirkan Sukir, SE dari Dinas KUKM dan PERINDAG Kabupaten Wonogiri.

Peningkatan kapasitas pengurus koperasi memang perlu dilakukan, seperti yang disampaikan dalam sambutan kepala Desa ngadiroyo Mulyono.

“Dalam kesempatan hari ini Pengurus Koperasi RT dan PUAP akan diberi ilmu dan pengetahuan mengenai pengelolaan manajemen koperasi. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini pengurus koperasi semakin memahami pengelolaan koperasi dan dalam pelaporan menjadi lancar tidak terkendala. Sehingga laporan koperasi dapat dipertanggung jawabkan secara akuntabel dan transparan”, jelas Mulyono.

Mulyono Kepala Desa Ngadiroyo saat memberi sambutan kepada Peserta Pelatihan Pengelolan Manajemen Koperasi RT dan PUAP Desa Ngadiroyo yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna Desa Ngadiroyo.

Dalam Pelatihan Pengelolaan Manajemen Koperasi ini ada 2 materi yang disampaikan oleh Sukir Selaku Narasumber yaitu Materi I (Materi Teknis) yaitu Pemaparan tentang Manajemen Pengelolaan Koperasi dan materi II yaitu Akuntansi Pembukuan Koperasi RT dan PUAP.

Pada sesi I, banyak materi yang disampaikan oleh narasumber terkait Bidang Kelembagaan Koperasi diantaranya AD/ART dan Peraturan Khusus, Sarana dan Prasarana Kerja Koperasi, Buku Administrasi Organisasi, Laporan Perkembangan Koperasi hingga Pengantar Akuntansi Koperasi.

Diakhir sesi pelatihan atau sesi II yaitu praktek akuntansi, narasumber memberikan soal praktek kepada peserta pelatihan. Membuat laporan keuangan adalah hasil akhir proses akuntansi, seperti yang disampaikan oleh Sukir selaku Narasumber.

Sukir,SE selaku Narasumber dari Dinas KUKM dan PERINDAG Kabupaten Wonogiri saat menyampaikan materi kepada peserta pelatihan.

“Hasil akhir proses akuntansi adalah bagaimana pengurus koperasi bisa membuat laporan keuangan (Neraca & PHU) bulanan, sehingga Pengurus dan Anggota mengetahui perkembangan Koperasinya”, jelas Sukir.

Ada beberapa tahapan praktek yang peserta lakukan yaitu memahami Neraca Awal Koperasi, memahami transaksi/kejadian yang terjadi selama bulan januari & pebruari, membuat rekap penerimaan kas, mengerjakan kas kasir, membuat Neraca Lajur Sederhana, membuat Neraca Komparatif & PHU, dan membuat Lampiran-lampiran.

Pemerintah Desa Ngadiroyo berharap dengan diadakannya pelatihan ini pengelolaan manajemen Koperasi RT dan PUAP Desa Ngadiroyo semakin akuntable dan transparan. Dengan terwujudnya koperasi yang akuntable dan transparan dapat meningkatkan kemajuan koperasi sehingga manfaat koperasi sebagai peningkatan kesejahteraan anggota semakin nyata dirasakan.

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan