Bantuan pemasangan listrik gratis untuk 3 rumah di Desa Ngadiroyo

Bantuan pemasangan listrik gratis bagi 3 rumah di Desa Ngadiroyo dari dana bantuan surplus UPK.

ngadiroyo.sideka.id || Listrik merupakan satu kebutuhan yang sangat penting untuk menunjang kebutuhan manusia di zaman sekarang ini. Hampir semua kegiatan memanfaatkan perangkat teknologi, sebagian besar diantara perangkat tersebut hanya bisa digunakan atau dijalankan dengan menggunakan energi listrik. Namun Sampai saat ini, masih ada beberapa rumah di Desa Ngadiroyo yang belum mempunyai listrik. Oleh karena itu, tahun ini Pemerintah Desa Ngadiroyo mengupayakan bantuan pemasangan listrik baru bagi rumah yang belum berlistrik.

Seperti sebelumnya, UPK Kecamatan Nguntoronadi memberikan dana bantuan dari surplus UPK kepada Desa. Tahun lalu dana bantuan dari surplus UPK yang diberikan kepada Desa Ngadiroyo dialokasikan untuk bantuan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan Jambanisasi. Dan untuk tahun ini, dana bantuan dari surplus UPK dialokasikan untuk pemasangan listrik.

Katiyem dari Dusun Ngadiroyo salah satu penerima bantuan pemasangan listrik gratis.

Sebelum pemasangan listrik gratis ini, Pemerintah Desa Ngadiroyo mendata rumah tangga tidak mampu yang belum berlistrik. Dari data yang diperoleh ditentukan 3 rumah yaitu atas nama Katiyem Dusun Ngadiroyo, Sunardi Dusun Pojok dan Mijo Dusun Pencol. Kemudian Pemerintah Desa mencari surat keterangan (suket) ke Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri. Setelah diperoleh suket dari Dinas Sosial, selanjutnya mendatangi PLN untuk meminta subsidi.

Dana dari surplus UPK tahun 2019 ini dialokasikan untuk pemasangan listrik di 3 rumah. Rumah yang belum berlistrik ini merupakan rumah yang dikategorikan dari keluarga tidak mampu dan masuk dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Desa Ngadiroyo. Bantuan pemasangan listrik ini dilakukan oleh BTL (Biro Teknik Listrik) Kecamatan Nguntornadi pada Kamis, 4 Juni lalu. Pemasangan listrik masing-masing rumah dengan menggunakan meteran listrik pulsa dengan daya sebesar 450 V.

“Untuk tahun ini kita lakukan bantuan pemasangan listrik untuk 3 rumah tangga tidak mampu dengan listrik bersubsidi. Semoga bantuan pemasangan listrik gratis ini bermanfaat untuk penerima. Dan sampai saat ini di Desa Ngadiroyo masih ada rumah tangga yang belum berlistrik. Semoga tahun depan bisa kita tuntaskan”, jelas Mulyono Kepala Desa Ngadiroyo.

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan