Penyerahan alat ukur tinggi badan, face shield dan meja posyandu dari Pemerintah Desa Kepada Kader Kesehatan

Penyerahan sarana posyandu oleh Kepala Desa Ngadiroyo kepada Ketua Kader Kesehatan, Jumat (14/8) di ruang Sekretariat PKK Desa Ngadiroyo.

ngadiroyo.sideka.id || Jumat (14/8/2020), Pemerintah Desa mengadakan pertemuan dengan Kader Kesehatan Desa Ngadiroyo. Pertemuan tersebut diadakan dalam rangka penyerahan bantuan alat kesehatan untuk Posyandu Desa Ngadiroyo. Pertemuan yang dihadiri oleh Kepala Desa, Kasi Kesejahteraan serta 10 Kader dari 5 Posyandu tersebut diadakan di Sekretariat PKK.

Sebelumnya, Pemerintah Desa telah menyerahkan bantuan untuk Posyandu Desa Ngadiroyo. Bantuan tersebut berupa timbangan digital, tensi digital dan speaker aktif. Bantuan tersebut dari APBDes Desa Ngadiroyo tahun 2020 yang bersumber dari Dana Desa tahap I. Selanjutnya Pemerintah Desa kembali merealisasikan bantuan sarana Posyandu dari sumber yang sama dengan anggaran sebesar Rp. 8.250.000,-. Bantuan sarana posyandu tersebut berupa alat ukur tinggi badan, face shield dan meja posyandu.

Sebelumnya anggaran kegiatan ini akan direalisasikan pada tahap ke III. Tetapi karena Dana Desa digunakan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) maka adam perubahan di APBDes Desa Ngadiroyo. Sehingga pengadaan sarana Posyandu yang merupakan kegiatan dibidang Kesehatan yang merupakan salah satu prioritas maka diubah menjadi tahap I dan direalisasi diakhir tahap.

Kepala Desa Ngadiroyo bersama Ketua Kader Posyandu setelah menyerahkan bantuan pengadaan sarana posyandu.

Alat ukur tinggi badan balita merupakan sarana penting yang dibutuhkan untuk pelaksanaan kegiatan posyandu. tinggi badan dan berat badan menentukan status stunting atau tidaknya pada balita. sehingga jika salah ukur atau ketidakadanya sarana alat ukur maka bisa jadi salah menentukan status tumbuh kembang pada balita.

Di masa pandemi seperti ini, dalam menyelenggarakan kegiatan posyandu maka harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Kader Kesehatan selaku garda terdepan kesehatan masyarakat di desa harus dilengkapi APD diantaranya berupa masker dan face shield. Kader akan berhadapan langsung dengan balita dan lansia saat kegiatan posyandu.

Kader Kesehatan dari masing-masing posyandu menghadiri pertemuan untuk penyerahan pengadaan sarana posyandu berupa alat ukur tinggi badan, face shield dan meja posyandu.

Sementara untuk meja posyandu dari laporan yang diberikan oleh kader, dibutuhkan sebanyak 19 meja posyandu. Kekurangan meja posyandu dan posbindu dikarenakan rusak/sudah tidak layak dan jumlahnya kurang (5 meja posyandu). Akan tetapi APBDes Desa Ngadiroyo Dana menganggarkan dana sebesar Rp. 7.000.000,- untuk pengadaan meja Posyandu. Sehingga Pemerintah Desa tahun ini hanya bisa merealisasikan sebanyak 9 buah meja.

“Tahun ini kita menganggarkan dana untuk sarana kegiatan posyandu. Namun pada realisasinya ada beberapa yang belum bisa kami penuhi untuk masing-masing poyandu. Semoga tahun depan kita bisa anggarkan kembali sehingga kekurangan bisa terpenuhi”, pungkas Kepala Desa.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan