Di tengah pandemi Covid-19, PMT posyandu balita dan lansia dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan

Kegiatan PMT Balita dan Lansia Desa Ngadiroyo tahun 2020 tetap dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan.

ngadiroyo.sideka.id || Di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Desa Ngadiroyo masih terus merampungkan kegiatan APBDes tahun 2020. Meskipun banyak kegiatan di APBDes yang harus ditunda karena anggaran digunakan untuk BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa). BLT DD diberikan kepada masyarakat sebagai upaya untuk mengurangi dampak yang dihasilkan dari pandemi ini. Namun kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Posyandu Balita dan Lansia Desa Ngadiroyo tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Kegiatan PMT Balita di Posyandu Banowati Dusun Srayu.

Kegiatan PMT Posyandu Balita dan Lansia menggunakan sumber dana yang berasal dari Dana Desa (DD). Pemerintah Desa menganggarkan dana sebesar Rp. 20.000.000,- untuk pengadaan PMT balita dan lansia di 5 Posyandu dan 1 Posbindu. Kegiatan PMT Posyandu balita dan lansia telah berjalan 2 tahun yang lalu, namun sebelumnya menggunakan dana dari Bankeupemdes Provinsi Jawa Tengah dengan nominal yang sama.

Kegiatan pengukuran tinggi badan balita di Posyandu Shinta Dusun Tritis.

Sesuai rencana kegiatan, PMT balita dan lansia akan diberikan sebanyak 8 kali. Kegiatan PMT akan diberikan setiap bulan sesuai jadwal dimasing-masing posyandu. PMT Posyandu balita dan lansia ini telah mulai diberikan pada bulan januari. Namun karena adanya pandemi Covid-19 ini, kegiatan PMT sempat dihentikan beberapa waktu. Dikarenakan adanya himbauan dari pemerintah untuk Social Distancing dan Physical Distancing untuk mencegah penyebaran Virus Corona. Namun mengingat pentingnya menjaga kesehatan dengan pemberian gizi seimbang di tengah pandemi maka kegiatan PMT kembali dilaksanakan. Kegiatan posyandu sekaligus pembagian PMT di tengah pandemi ini dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan pengecekan tensi lansia di Posbindu Sumber Waras Dusun Pojok.

Tahun ini, sebanyak 85 balita dan 300 lansia Desa Ngadiroyo menerima pembagian PMT. PMT balita dan lansia dibagikan setelah kegiatan-kegiatan posyandu. Untuk kegiatan posyandu balita dimulai dengan penimbangan dan pengukuran tinggi badan serta lingkar kepala. Sementara kegiatan posyandu lansia dimulai dengan penimbangan berat badan, pengecekan tensi serta senam lansia.

Kegiatan PMT Balita dan Lansia Desa Ngadiroyo tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pembagian PMT bagi balita dan lansia Desa Ngadiroyo di tengah pandemi Covid-19 dirasa sangat perlu dilakukan. Selain menjaga aman juga harus menjaga imun agar terhindar dari Covid-19. Imunitas yang baik diyakini mampu menangkal dari paparan Covid-19. PMT ini merupakan tambahan makanan dalam bentuk kudapan yang aman dan bermutu. PMT memiliki tujuan yaitu untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang dibutuhkan oleh balita maupun lansia. Sehingga diharapkan dengan kegiatan PMT ini dapat memenuhi kebutuhan gizi agar kesehatan balita dan lansia dapat terjaga di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan