Musdessus, sebanyak 30 KPM BLT DD Desa Ngadiroyo Tahun 2021 ditetapkan

Musdessus Penetapan KPM BLT DD Tahun 2021, Jumat (8/1/2021) di Gedung Serba Guna Desa Ngadiroyo.

ngadiroyo.sideka.id || Jumat (8/1/2021), Pemerintah Desa Ngadiroyo Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) dalam rangka penetapan KPM (Keluarga Penerima Manfaat) Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahun 2021. Dalam Musdessus tersebut turut dihadiri oleh BPD, LPM, Ketua RT dan RW serta Pendamping Desa. Musdessus diselenggarakan pada pukul 09.00 WIB di Gedung Serba Guna Desa Ngadiroyo.

Kepala Desa Ngadiroyo, Mulyono dalam sambutan pembukaannya menjelaskan bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Priortas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 222/PMK.07/2020 Tentang Pengelolaan Dana Desa bahwa salah satu prioritas penggunaan Dana Desa sebagai pemulihan ekonomi dalam rangka menanggulangi dampak pandemi Covid-19. Salah satu wujud pemulihan ekonomi adalah Jaring Pengaman Sosial yang diprioritaskan berupa BLT DD.

Kepala Desa Ngadiroyo, Mulyono (nomor dua dari kiri) saat memberikan sambutan pada Musdessus Penetapan KPM BLT DD Tahun 2021, Jumat (8/1/2021).

“Tahun 2020, kita telah merealisasikan dana desa untuk penyaluran BLT DD sebanyak 105 KPM dengan anggaran sebesar Rp. 189.000.000,-. KPM BLT DD terdiri dari KPM DTKS yang belum tercover dalam bantuan lain maupun KPM NON DTKS dengan berbagai kriteria yang telah ditentukan. Dan untuk penetapan KPM BLT DD tahun ini ada perbedaan kriteria dari tahun sebelumnya”, tambah Mulyono.

Sekretaris Desa Ngadiroyo menambahkan bahwa kriteria KPM BLT DD tahun ini paling sedikit memenuhi kriteria antara lain KK miskin yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial serta tidak termasuk penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST) dan program bantuan sosial Pemerintah lainnya. Dengan kriteria tersebut dipastikan tahun ini ada pengurangan jumlah KPM BLT DD.

Musdessus menetapkan sebanyak 30 KPM BLT DD Desa Ngadiroyo Tahun 2021 dengan kriteria masuk dalam DTKS.

Setelah dilakukan musyawarah, Ketua BPD Ngadiroyo, Martono menyampaikan bahwa ditetapkan sebanyak 30 KPM BLT DD yang masuk dalam DTKS. Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan mendapat bantuan selama 12 bulan melalui anggaran Dana Desa (DD). Adapun nominal Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang diterima KPM setiap bulannya sebesar Rp. 300.000,00 dari Bulan Januari hingga Desember.

Dengan ditetapkannya 30 KPM BLT DD tahun 2021, Pemerintah Desa Ngadiroyo harus menyiapkan anggaran sebesar Rp. 108.000.000,-. Selanjutnya KPM BLT DD ditetapkan dalam Peraturan Kepala Desa Penetapan Keluarga Penerima Manfaat BLT Desa. Penyaluran BLT DD akan disalurkan kepada KPM setelah penetapan APBDes Desa Ngadiroyo tahun 2021.

“Kami meminta bantuan terutama kepada Ketua RT/RW setempat untuk membantu menjawab apabila ada pertanyaan dari masyarakat terkait kebijakan perubahan KPM BLT DD ini. Diharapkan BLT DD serta bantuan-bantuan lain yang diberikan kepada masyarakat dapat mengurangi dampak ekonomi yang ditimbulkan dari pandemi ini. Dan harapan terbesar semoga pandemi ini segera berakhir”, tutup Mulyono

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan