Bertempat di Gedung Serba Guna Desa Ngadiroyo, 75 KPM menerima BST tahap 10 bulan Januari tahun 2021

Penyaluran BST Tahap 10 Bulan Januari Tahun 2021 melalui PT POS Kecamatan Nguntoronadi kepada sebanyak 75 KPM Desa Ngadiroyo, Selasa (18/1/2021) di Gedung Serba Guna Desa Ngadiroyo.

Ngadiroyo.sideka.id || Senin (18/1/2020), Kementerian Sosial melalui PT POS Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri kembali menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Ngadiroyo. BST disalurkan kepada sebanyak 75 KPM. Penyaluran BST tahap 10 bulan Januari tersebut dilaksanakan mulai pukul 11.00 WIB di Gedung Serba Guna Desa Ngadiroyo.

Tahun 2020, penyaluran BST dilaksanakan secara terjadwal di Pendopo Kecamatan Nguntoronadi. Namun kali ini, dalam rangka meminimalisir tingkat kerumunan maka pelaksanaan penyaluran BST dilaksanakan di masing-masing Balai Desa/Kelurahan. BST diberikan kepada KPM dalam rangka pelaksanaan Jaring Pengaman Sosial sebagai upaya mengurangi dampak pandemi Covid-19.

Sebanyak 75 KPM hadir dalam penyaluran BST di Gedung Serba Guna Desa Ngadiroyo dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam pelaksanaan penyaluran BST ini, Petugas dari PT POS dibantu oleh TKSK Kecamatan Nguntoronadi Meru Hamdanu. Syarat pengambilan BST ini adalah KPM membawa KTP/KK Asli. Untuk KPM yang tidak bisa mengambil sendiri bisa di wakilkan oleh orang lain. Dengan syarat yang masih dalam satu KK cukup membawa KTP/KK asli. Sementara yang tidak dalam satu KK dengan membawa KTP/KK Asli serta surat keterangan (suket) dari Desa.

KPM yang hadir harus menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Dalam penyaluran BST kali ini, masing-masing KPM akan menerima bantuan uang tunai sebesar Rp. 300.000,- tanpa potongan apapun. Diharapkan BST ini dapat digunakan oleh KPM untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga selama pandemi.

Petugas TKSK Kecamatan Nguntoronadi, Meru Hamdanu hadir dalam membantu proses penyaluran BST Tahap 10 Bulan Januari Tahun 2021 kepada KPM Desa Ngadiroyo.

Ditemui di Kantor Desa, Kepala Desa Ngadiroyo Mulyono mengatakan bahwa tahun 2020, Jumlah KPM BST melalui PT POS sebanyak 80 KPM. Di awal tahun 2021, dilakukan verifikasi dan validasi KPM BST melaui aplikasi MAS JEKEK. Verval tersebut dilakukan untuk penyesuaian NIK dan NAMA KPM harus sesuai denagn DISDUKCAPIL serta verval calon KPM BST tahun 2021 yang sudah tidak layak, baik yang sudah meninggal, pindah, dsb.

Kuota masing-masing Desa/Kelurahan harus sesuai dengan data lama di aplikasi. Dari sebanyak 80 KPM BST yang ada, hanya sebanyak 75 KPM yang bisa diusulkan kembali melalui aplikasi. Dan sebanyak 5 KPM gagal diusulkan kembali dikarenakan kesalahan NIK.

“80 KPM BST merupakan KPM yang masuk dalam DTKS. Tetapi setelah diusulkan ulang melalui aplikasi untuk menetapkan calon KPM BST tahun 2021, ada 5 KPM yang gagal diusulkan kembali. 5 kuota kita ganti dengan KPM BLT DD yang non DTKS. Karena kita ambilkan dari DTKS tidak bisa dimasukkan dalam aplikasi. Tapi untuk BST 5 KPM pengganti belum bisa disalurkan saat ini”, jelas Mulyono.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan