5 usulan program kegiatan pembangunan hasil Musrenbangdes tahun 2021 dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2022

Sekcam Nguntoronadi saat memberikan sambutan dalam Musrenbangdes dalam rangka Penyusunan RKPD Tahun 2022, Selasa (19/1/2021) di Gedung serba Guna Desa Ngadiroyo.

ngadiroyo.sideka.id || Pemerintah Desa Ngadiroyo telah menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022 di Gedung Serba Guna Desa Ngadiroyo, Selasa (19/1/2021).  Musrenbangdes ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa setiap bulan Januari. Musrenbangdes dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2022 ini diselenggarakan bertujuan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan yang tidak bisa terdanai oleh APBDes. Selanjutnya usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah Kabupaten/Kota, akan diusulkan pada Musrenbang Kecamatan.

Camat Nguntoronadi yang diwakili oleh Drs. Suparno selaku Sekretaris Kecamatan (Sekcam) menghadiri kegiatan Musrenbangdes. Sekcam hadir bersama tim diantaranya Kasi PPM, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa. Dalam Musrenbangdes ini juga dihadiri oleh BPD serta lembaga-lembaga Desa seperti LPM, RT, RW, TP PKK, KPMD dan lembaga lainnya . Mengingat meningkatnya jumlah kasus positif Covid-19 saat ini, Jumlah peserta Musrenbangdes dibatasi. Pembatasan jumlah peserta musrenbangdes dilakukan sebagai upaya pencegahan paparan Covid-19.

Peserta Musrenbangdes seperti BPD, LPM, RT, RW, TP PKK, KPMD dan lembaga lainnya hadir mengikuti kegiatan musyawarah.

Dalam sambutan pembukaannya, Sekcam menyampaikan sambutan dari Bupati Wonogiri Joko Sutopo. Sambutan dari Bupati Wonogiri terkait dengan arahan kebijakan dan prioritas pembangunan serta pedoman penyelenggaraan Musrenbang tahun 2021 penyusunan RKPD Kabupaten Wonogiri tahun 2022. Dengan tema pembangunan tahun 2022 adalah “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Wonogiri yang Didukung Dengan Peningkatan Kualitas Hidup Melalui Pengelolaan Sumber Daya Secara Mandiri”.

“Angka kemiskinan di Kabupaten Wonogiri masih tinggi yaitu 10,86%, harapannya kita dapat berupaya bersama secara sinergitas untuk menurunkan angka kemiskinan. Dan kami selalu menghimbau kepada masyarakat supaya tetap menerapkan protokol kesehatan dalam adaptasi baru di tengah pandemi Covid-19”, tutup Suparno.

Selanjutnya Mulyono selaku Kepala Desa Ngadiroyo dalam sambutannya menyampaikan bahwa perencanaan pembangunan daerah berorientasi pada acuan yang sudah ada. Kita harus mengikuti panca program dari Kabupaten Wonogiri. Dengan terwujudnya panca program maka kita dapat mengupayakan pengentasan kemiskinan.

Mulyono Kepala Desa Ngadiroyo saat memberikan sambutan saat Musrenbangdes dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2020.

Musrenbangdes dilanjutkan dengan musyawarah menentukan usulan prioritas pembangunan. Musyawarah dipandu oleh tim Musrenbangdes yang diwakili oleh Sekretaris Desa Haryoso dan Kaur Perencanaan Manodo. Musyawarah diawali dengan membacakan rincian RKPD tahun sebelumnya yang belum didanai dari APBD. Dari beberapa program pembangunan ditetapkan 5 kegiatan yang diusulkan kembali. 5 kegiatan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Aspal Jalan Dusun Rejosari – Dusun Srayu/Ngelo
  2. Drainase Jalan Kabupaten (Depan Kantor Desa)
  3. Aspal Jalan Kabupaten
  4. Drainase Jalan Propinsi
  5. Penerangan Jalan Umum

Selanjutnya hasil Musrenbangdes juga menetapkan tim delegasi sebanyak 6 orang yang akan mengikuti Musrenbang Kecamatan. Tim terdiri dari unsur kepala desa, ketua BPD, ketua TP PKK, koordinator KPMD dan 2 anggota KPMD.

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan