Sosialisasi pencegahan Covid-19 dan penyaluran bantuan operasional TPQ AL Ikhlas

Tanto selaku pengurus TPQ Al-Ikhlas saat menyampaikan Sosialisasi Pencegahan Covid-19 kepada para santri dan wali santri, Senin (15/2/2021).

ngadiroyo.sideka.id || Senin (15/2/2021), Pengurus Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Al Ikhlas Dusun Ngadiroyo Desa Ngadiroyo mengadakan Sosialisasi Pencegahan Covid-19 dan Penyaluran Bantuan Operasional (BOP). Sosialisasi dan penyaluran BOP diberikan kepada para santri/santriwati dan wali santri. Sosialisasi diselenggarakan di tempat pengajian yaitu di rumah Umi Marmi tepatnya di Dusun Ngadiroyo RT. 01/RW. 05 Desa Ngadiroyo.

Kegiatan ini diselenggarakan dari dana Bantuan Operasional yang diberikan oleh Kementerian Agama (Kemenag). Kemenag memberikan Bantuan Operasional TPQ sebesar Rp. 10.000.000,-. Bantuan Operasional diberikan dalam rangka upaya pencegahan Covid-19 di lingkungan TPQ. Ada sebanyak 4 TPQ di Desa Ngadiroyo yang mendapatkan Bantuan Operasional tersebut.

Umi Marmi dan Tanto selaku pengurus TPQ Al-Ikhlas saat memberikan sosialisasi dan penyerahan bantuan operasional berupa APD kepada para santri dan santriwati.

Bantuan Operasional digunakan sebagai upaya pencegahan Covid 19 diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan. Berikut beberapa bentuk kegiatan yang diperoleh TPQ dari bantuan tersebut, yaitu:

  • Kegiatan sosialisasi pencegahan Covid-19
  • Pembelian Alat Pelindung Diri (APD) seperti face shield, masker, handsinitizer
  • Disinfektan untuk penyemprotan
  • Pengadaan Thermogun

kegiatan sosialisasi dimulai dengan penyerahan APD kepada santri secara simbolis. Penyerahan diberikan langsung oleh Umi Marmi selaku pengurus sekaligus pengajar TPQ kepada perwakilan salah satu santriwati. Masing-masing santri/santriwati akan mendapatkan 1 buah face shield, 3 buah masker dan 1 botol handsinitizer. APD tersebut harus digunakan oleh santri/santriwati saat proses belajar di TPQ.

Umi Marmi selaku pengurus sekaligus pengajar TPQ Al-Ikhlas saat menyerahkan APD secara simbolis kepada perwakilan santriwati, Selasa (15/2/2021).

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi kepada para santri/santriwati dan wali santri. Sosialisasi diberikan oleh Tanto selaku pengurus TPQ Al-Ikhlas. Tanto menyampaikan bahwa di tengah pandemi Covid-19 ini, para santri/santriwati dan wali santri harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Para santri harus selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak ketika di TPQ maupun ketika beraktivitas di luar rumah.

“Jadi adik-adik, adapun cara mencuci tangan dengan benar. Agar mudah diingat ada istilah untuk mencuci tangan dengan benar yaitu tepung selaci puput. Maksudnya adalah telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, mengunci, putar jempol dan putar ujung jari di tengah telapak” jelas tanto.

Para santri/santriwati dan wali santri saat mengikuti sosialisasi pencegahan Covid-19 di TPQ Al-Ikhlas Dusun Ngadiroyo Desa Ngadiroyo.

Adapun cara mencuci tangan dengan benar adalah sebagai berikut:

  • Basahi tangan dan gosokkan telapak tangan yang sudah diberi sabun
  • Gosok juga punggung tangan bagian kanan dan kiri
  • Kemudian gosokkan sabun ke sela-sela jari
  • Bersihkan juga punggung tangan dengan gerakan saling mengunci
  • Bersihkan jempol bagian kanan dan kiri secara bergantian dengan gerakan memutar
  • Bersihkan bagian ujung jari dengan gerakan menguncup
  • Bersihkan tangan yang sudah disabunkan dengan air mengalir

Sebanyak 25 santri/santriwati dan beberapa wali santri hadir dalam kegiatan sosialisasi dan penyaluran BOP tersebut. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para santri/santriwati dapat memahami serta dapat menerapkan protokol kesehatan ketika sedang belajar mengaji di TPQ maupun ketika diluar rumah. Para wali diharapkan dapat selalu memantau anak-anak agar tidak lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Dengan menerapkan protokol kesehatan tersebut diharapkan dapat mencegah penyebaran virus covid-19.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan