Bertempat di gedung serba guna Desa Ngadiroyo, 30 KPM terima BLT DD tahap I

Mulyono (Kepala Desa Ngadiroyo) saat menyerahkan BLT DD tahap I/bulan Januari tahun 2021 kepada salah satu KPM, Jumat (19/2/2021) di Gedung Serba Guna Desa Ngadiroyo.

ngadiroyo.sideka.id || Jumat (19/2/2021), Pemerintah Desa Ngadiroyo menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahap I/bulan Januari tahun 2021. BLT DD disalurkan kepada sebanyak 30 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Penyaluran BLT DD dilaksanakan di Gedung Serba Guna Desa Ngadiroyo. Penyaluran BLT DD dimulai pukul 13.00 WIB dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sebanyak 30 KPM BLT merupakan hasil Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa pada awal bulan Januari lalu. Sebanyak 30 KPM BLT DD merupakan KPM yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). KPM BLT DD merupakan KPM yang belum menerima bantuan lain dari Pemerintah seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST), dll.

KPM hadir dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam Penyaluran BLT DD tahap I/bulan januari tahun 2021.

KPM menghadiri penyaluran BLT DD dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Setelah mencuci tangan, KPM menandatangani daftar hadir kemudian menunggu antrian. selanjutnya KPM mengumpulkan fotocopi KTP dan fotocopi KK sebagai syarat pengambilan dan menandatangani daftar penerimaan BLT DD. Masing-masing KPM menerima bantuan uang tunai sebesar Rp. 300.000,-.

BLT DD akan diberikan kepada KPM sebanyak 12 kali dengan nominal sebesar Rp. 300.000,- setiap penyaluran. Perincian penyaluran BLT DD dalam APBDes Desa Ngadiroyo tahun 2021 adalah sebagai berikut :

  • Penyaluran BLT DD Bulan Januari-Mei bersumber dari Dana Desa tahap I,
  • Penyaluran BLT DD bulan Juni-Oktober bersumber dari Dana Desa tahap II, dan
  • Penyaluran BLT DD bulan November-Desember bersumber dari Dana Desa tahap III.
Salah satu KPM saat menandatangani daftar penerimaan BLT DD tahap I tahun 2021.

“Penyaluran BLT DD tahap I/bulan Januari tahun 2021 kepada sebanyak 30 KMP BLT DD berjalan dengan lancar. KPM akan menerima BLT DD tahun 2021 sebanyak 12 kali dengan nominal sebesar Rp. 300.000,-. APBDes Desa Ngadiroyo telah menganggarkan alokasi dana untuk BLT DD sebesar Rp. 108.000.000,-“, jelas Mulyono Kepala Desa Ngadiroyo.

Mulyono menambahkan bahwa seluruh rumah tangga (ruta) yang masuk dalam DTKS telah tercover oleh bantuan dari Pemerintah. Bantuan yang diberikan oleh pemerintah berasal dari berbagai sumber dan jenis bantuan. Bantuan yang diberikan merupakan bentuk upaya untuk mengurangi dampak pandemi Covid-19. Dikarenakan dampak sosial dan ekonomi yang diakibatkan pandemi Covid-19 sangat berpengaruh bagi tingkat kesejahteraan masyarakat.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan