Tingkatkan fasilitas kesehatan, 11 gakin terima bantuan jambanisasi dari Dana Desa tahun 2020

Hasil kegiatan jambanisasi Dwi Supriyanto Dusun Tritis Desa Ngadiroyo dari alokasi Dana Desa tahun 2020.

ngadiroyo.sideka.id ||  APBDes Desa Ngadiroyo tahun 2020 mengalokasikan dana untuk kegiatan jambanisasi keluarga miskin (gakin). Kegiatan jambanisasi diberikan kepada sebanyak 11 gakin yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Pemerintah Desa mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 33.000.000,-. Alokasi anggaran untuk kegiatan jambanisasi tersebut bersumber dari Dana Desa (DD) tahap III. Masing-masing gakin menerima bantuan sebesar Rp. 3.000.000,- yang diberikan oleh Pemerintah Desa dalam bentuk material. Jambanisasi gakin diberikan oleh Pemerintah Desa Guna mewujudkan pola hidup sehat masyarakat Desa Ngadiroyo. Karena kesehatan merupakan modal dasar menuju kesejahteraan.

Foto 0% kegiatan jambanisasi Darmaji Dusun Rejosari Desa Ngadiroyo.

Mulyono, Kepala Desa Ngadiroyo mengatakan bahwa tahun 2020 masih ada beberapa rumah yang belum berjamban. Ada 2 kriteria rumah belum berjamban yaitu rumah yang masih menggunakan jamban jenis cemplong (belum jenis leher angsa) dan rumah tidak punya jamban. Mulyono menambahkan bahwa tahun 2020, Pemerintah Desa Ngadiroyo baru bisa mengalokasikan bantuan jambanisasi kepada sebanyak 11 gakin. Dan nama-nama penerima bantuan jambanisasi Desa Ngadiroyo tahun 2020 adalah sebagai berikut :

  1. Tarman                Dusun Rejosari
  2. Tujiyanto             Dusun Rejosari
  3. Darmadi              Dusun Tritis
  4. Dwi Supriyanto   Dusun Tritis
  5. Ade Nurdin         Dusun Ngadiroyo
  6. Jamiin                  Dusun Ngadiroyo
  7. Sarno                  Dusun Ngadiroyo
  8. Sugiyanto           Dusun Ngadiroyo
  9. Diyo Mulyono     Dusun Sengon
  10. Sutarni                Dusun Sengon
  11. Suradi                 Dusun Pencol
Proses pembangunan jamban Tarman Dusun Rejosari Desa Ngadiroyo.

Sebelum pelaksanaan kegiatan, penerima jambanisasi diundang ke Gedung Serba Guna Desa Ngadiroyo terkait jenis material yang dibutuhkan oleh masing-masing penerima. Tentunya kebutuhan material tiap penerima berbeda-beda. Kegiatan jambanisasi gakin dimulai sekitar awal bulan Agustus tahun 2020. Kegiatan jambanisasi diawali dengan pengadaan barang material oleh Tim Pengadaan Barang dan Jasa (Tim PBJ) Desa. Dan kegiatan jambanisasi tersebut dikerjakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK).

Foto 100% kegiatan jambanisasi Diyo Mulyono Dusun Sengon Desa Ngadiroyo.

Pengadaan barang material yang dialokasikan dari Dana Desa untuk kegiatan jambanisasi ini berupa closed, semen, pasir, batako besi dll. Sementara pengerjaan pembangunan jamban dilaksanakan secara swadaya oleh masyarakat. Kegiatan jambanisasi telah terealisasi keseluruhan pada awal bulan September tahun 2020. Dengan adanya kegiatan jambanisasi ini diharapkan dapat membantu gakin dalam meningkatkan fasilitas kesehatan di rumahnya. Sehingga kesehatan di lingkungan tempat tinggalnya menjadi lebih baik.

 

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan